Organisasi Masyarakat Sipil dan Media Ikuti Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu di Seruyan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 11 Maret 2020 - 22:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Organisasi masyarakat sipil (OMS) dan perwakilan media di Kabupaten Seruyan mengikuti sosialisasi pengembangan pengawasan pemilu terkait penyelenggaraan Pilgub Kalteng 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Seruyan ini diikuti puluhan peserta dengan nara sumber Ketua Bawaslu Seruyan Yulius Setiawan dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Seruyan M Yadi, Rabu, 11 Maret 2020.

Yulius mengatakan sosialisasi ini dalam rangka menyamakan persepsi dalam partisipasi semua komponen, termasuk organisasi masyarakat sipil dan media untuk terlibat aktif dalam mengawasi jalannya pilgub Kalteng tahun ini.

Yulius menyebut peran OMS dan media dalam pengawasan sangat penting, sehingga dengan adanya peran pengawasan ini diharapkan kualitas penyelenggaraan pemilu khususnya dalam pelaksanaan Pilgub Kalteng di Kabupaten Seruyan semakin baik dan berjalan sukses.

Dia menjelaskan secara informal masyarakat dapat ikut serta melakukan pengawasan terhadap semua proses  jalannya pelaksanaan pemilu.

“Bentuk partisipasi masyarakat dapat dilakukan dengan memberikan informasi awal, mencegah pelanggaran, mengawasi serta memantau dan melaporkan jika menemukan adanya dugaan pelanggaran. Pemilu  merupakan proses demokrasi, oleh karena itu mari kita awasi bersama,” ajaknya. (FAHRUL/B-6)

Berita Terbaru