Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecintaan Generasi Muda Terhadap Benda Pusaka Perlu Dipupuk

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Maret 2020 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Kadisbudpar Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan bahwa kecintaan generasi muda terhadap benda-benda pusaka perlu dipupuk.

Jika tidak, warisan leluhur tidak akan terjaga dengan baik, karena anak-anak muda tidak mengetahui sejarahnya.

"Kami melalui UPT Museum Balanga baru-baru ini membuat acara perawatan Mandau dengan disaksikan puluhan anak-anak SMA," kata Guntur kepada Borneonews pada Sabtu, 14 Maret 2020.

Kegiatan itu, lanjut Guntur, dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan bagaimana cara perawatan koleksi benda pusaka seperti halnya mandau dapat menjadi pengetahuan bagi generasi muda.

"Setidaknya dengan kegiatan-kegiatan seperti ituakan dapat menumbuh kecintaan generasi muda terhadap benda-benda pusaka warisan budaya maupun leluhur yang ada di Kalteng," harap Guntur.

Selama ini, tambah Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng ini, Museum Balanga yang ada di Kota Palangka Raya ini secara rutin setiap tahun hanya mengadakan upacara ritual 'Tantulak Dahiang Ramu Palus Balian Manyandingen Ganan Ramu' atau upacara ritual untuk menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak baik di museum.

"Nah yang baru dilakukan awal pekan kemarin beda lagi, itu dilaksanakan prosesi bagaimana perawatan koleksi-koleksi yang ada di museum. Itu disaksikan oleh anak-anak muda generasi milenial yang diundang dari SMA-SMA di Palangka Raya. Karena memang ini upaya mengenalkan adat dan budaya, terutama perlakuan pada benda pusaka, kepada generasi penerus kita ini," tutur Guntur. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru