Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prof. Rahmawaty, S.Hut. M.Si, Ph.D Jadi Guru Besar Tetap Fakultas Kehutanan USU

  • Oleh Ediya Moralia
  • 16 Maret 2020 - 12:19 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara Prof. Rahmawaty, S.Hut. M.Si, Ph.D  dikukuhkan sebagai guru besar tetap dalam bidang Ilmu Kehutanan pada Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara atau USU, di Gelanggang Mahasiswa USU, Senin (16/3),


Dalam sambutannya Rektor Universitas Sumatera Utara Prof DR Runtung Sitepu, SH.MHum  menyampaikan bahwa dalam empat tahun terakhir profesor USU bertambah 41 orang. Jadi perguruan tinggi negeri ini telah memiliki 193 profesor.


"USU saat ini masuk dalam tataran perguruan tinggi negeri yang telah mampu setara dengan universitas di Pulau Jawa. Dalam waktu dekat kini akan ada pengukuhan dua profesor lagi. Ini akan menambah dan meningkatkan kualitas USU di masa yang akan datang," kata Runtung Sitepu.


Pada upacara pengukuhannya, Rahmawaty menyampaikan pidato berjudul Perencanaan Hutan Berbasis Spasial dan Partisipasi Para Pihak Menuju Pengelolaan Hutan Lestari.

Dalam pidato, Rahmawaty memaparkan, hutan sebagai modal pembangunan nasional memiliki berbagai nyata dalam kehidupan bangsa Indonesia, baik manfaat ekologi, manfaat sosial budaya maupun manfaat ekonomi. 

"Untuk itu hutan harus diurus dikelola, dilindungi dan dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk kesejahteraan masyarakat, baik generasi sekarang maupun generasi yang akan datang," paparnya.

Sebagai salah satu penentu sistem penyangga kehidupan, kata dia, hutan telah memberikan manfaat yang besar bagi umat manusia, sehingga perlu dijaga kelestariannya.

"Hutan mempunyai peranan sebagai penyeimbang lingkungan global, sehingga keterkaitan dengan dengan international menjadi sangat penting bagi kepentingan nasional. Sumberdaya hutan harus dijaga dan dikelola akan  dapat memberikan hasil dan manfaat yang berkelanjutan," ujar Rahmawaty. (m)
 

Berita Terbaru