Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

HUT ke- 46, PPNI Barito Timur Gelar Deteksi Dini Hipertensi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Maret 2020 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 46, Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI Barito Timur menggelar kegiatan deteksi dini hipertensi dan penjaringan relawan donor darah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan usai Apel Gabungan Organisasi Perangkat Daerah atau OPD di halaman Kantor Bupati Barito Timur, Selasa 17 Maret 2020.

Ketua PPNI Kabupaten Barito Timur Nelwan Adrius menjelaskan, deteksi dini hipertensi bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat agar memeriksakan diri dan tekanan darah pada fasilitas-fasilitas kesehatan.

"Pada kesempatan ini, jika ada penderita hipertensi yang terdeteksi maka kita akan imbau untuk melakukan pengobatan secara teratur ke fasilitas kesehatan untuk mencegah terjadinya komplikasi" imbuhnya.

Untuk penjaringan pendonor darah, lanjut Nelwan, dilakukan pendataan relawan yang bersedia mendonorkan darah.


"Jadi kita catat nama, golongan darah, alamat dan nomor kontaknya agar sewaktu-waktu dapat dihubungi jika ada yang membutuhkan donor darah," jelasnya.

Penjaringan pendonor darah yang kedua kali dilakukan oleh PPNI Barito Timur, ungkapnya, bekerja sama dengan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan atau Patelki Barito Timur.

Nelwan juga berharap, pada HUT ke 46 PPNI, perawat di Barito Timur dapat meningkatkan profesionalisme, kompetensi yang diiringi dengan peningkatan kesejahteraan perawat.

"Acara khusus saat wabah Corona saat ini kami berharap teman-teman perawat dan tenaga medis lain dapat terlindungi keselamatannya, karena kita tahu bahwa dari 5 orang yang meninggal dunia akibat Corona, 2 orang adalah perawat," pungkas Nelwan.

Deteksi dini hipertensi juga diikuti oleh Bupati Barito Timur, Sekda, Asisten, Kepala OPD dan peserta upacara lainnnya. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru