Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng: Pasien Covid-19 Sempat Dipulangkan Harusnya Membatasi Diri

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Maret 2020 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan bahwa pasien Covid-19 pada kasus 15 memang sempat dipulangkan selama dua hari. Namun secara prinsif orang sakit, Suyuti mengatakan bahwa harusnya pasien tersebut sudah membatasi diri sendiri.


"Kepulangan pasien 15 ini prinsif kita orang yang baru keluar dari Rumah Sakit itu harusnya tidak boleh beraktifitas, itu dilakukan yang disebut dengan isolasi mandiri," kata Suyuti dalam jumpa pers di kantor Gubernur pada Jumat sore, 20 Maret 2020.

Pasien menurutnya diminta untuk berada di dalam satu ruangan tersendiri di rumahnya selama 14 hari sejak keluar dari rumah sakit dan tidak beraktifitas bahkan tidak boleh menggunakan pakaian, peralatan minum dan makan dengan orang lain yang berada di rumah yang sama.

"Harusnya begitu selama 14 hari, isolasi mandiri, sehingga harapan kita kontaknya tidak begitu banyak. Makanya kita juga laksanakan tracking kepada semua orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien, tidak hanya yang sempat dipulangkan tetapi juga yang tetap berada di rumah sakit, kita minta untuk melapor kemudian kalau memang ada tanda-tanda yang memerlukan ya kita isolasi," jelas Suyuti.

Perlu dipahami menurut Kadinkes bahwa tidak semua orang yang melakukan kontak dengan pasien positif lalu diisolasi oleh Dinas Kesehatan karena masih dimasukkan dalam berstatus Orang Dalam Pengawasn atau ODP.

"Kecuali ada tanda-tanda yang harus dirawat maka kita akan tempatkan sebagai PDP," jelas Suyuti lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru