Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Palangka Raya: Masih Ada Jenis Pohon Bisa Tumbuh di Lahan Basah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Maret 2020 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Heri Purwanto menyarankan agar para petani di Kota Cantik bisa memilih beberapa jenis pohon yang bisa tumbuh di lahan basah.

Hal ini dikatakannya karena meskipun beberapa hari panas terik bisa melanda Kota Palangka Raya, namun karena intensitas hujan yang juga tinggi yang mengakibatkan lahan beberapa petani terendam membuat para petani harus pintar memikirkan alternatif tanaman lainnya.

"Masih ada jenis pohon yang bisa ditanami di lahan basah di antaranya pohon mahoni, jengkol, petai, durian, kemiri dan lainnya," kata Heri kepada Borneonews pada Sabtu, 21 Maret 2020.

Apa lagi, lanjutnya, jenis pohon ini memiliki nilai ekonomis serta dapat juga dimanfaatkan untuk pelestarian lingkungan.

"Jika musim penghujan tiba dengan kondisi tanah tanpa penahan, maka besar resiko akan terjadinya longsor dan banjir pada kawasan tersebut. Maka dari itu penting adanya keberadaan tanaman guna meminimalisir terjadinya banjir," jelasnya.

Menurut Heri, karakteristik kawasan juga perlu disesuaikan, sejumlah lahan yang dinilai layak barulah dapat digunakan masyarakat untuk ditanami pohon, namun yang sifatnya produktif.

"Jenis pohon produktif yang cocok untuk ditanam meliputi pohon buah, serta pohon kayu keras. Lakukan dengan cara spesies pohon multiguna agar tanaman dapat tumbuh berkembang dengan baik," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru