Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Napza Picu Peningkatan Jumlah Penderita Gangguan Jiwa di Murung Raya

  • Oleh Syahriansyah
  • 21 Maret 2020 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Narkotika, psikotropika dan zat adiktif atau lebih dikenal dan disingkat dengan Nafza merupakan salah satu pemicu terbesar bertambahnya penderita orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Murung Raya.

Kepala Dinas Sosial Mura melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Ellen Yana Kristantie mengatakan, dari data penderita ODGJ saat ini di Mura di dominasi penyebabnya akibat Napza.

"Dari data 317 penderita ODGJ saat ini kami sudah melakukan perawatan untuk mengobati 54 penderita ODGJ. Lebih dan hampir 50 persen penderita yang kami tangani akibat Napza," ungkapnya, Sabtu, 21 Maret 2020.

Maka dari itu, Dinsos Mura akan terus melakukan sinergi dengan beberapa instansi terkait guna menekan pnlenyalahgunaan Napza di kalangan masyarakat.

Ellen juga menjelaskan bahwa rata-rata penderita ODGJ yang diakibatkan oleh Napza mendapat penanganan yang cukup rumit karena kebanyakan ODGJ akibat Nafza ini efeknya akan sangat sulit dikontrol pada penanganan awal.

"Kalau untuk di Mura ini penyanggunaan obat-obatan yang cukup banyak seperti obat cair komik sachet ditambah dengan menghirup bau lem kayu yang marak digunakan anak muda, jadi kedepan kami akan saling bersinergi terhadap seluruh instansi terkait untuk mensosialisasikan ini dan penanganannya," tutupnya. (RIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru