Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Isu Tidak Ada Pemeriksaan Suhu Tubuh di Bandara Tjilik Riwut, Ini Jawaban Kepala KPP Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Maret 2020 - 08:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Beberapa laporan berdatangan dan simpang siur mengenai ketiadaan pemeriksaan suhu tubuh di Bandara Tjilik Riwut dibantah oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Palangka Raya, Solihin.

"Kita dapat beberapa informasi yang sebenarnya hoaks yang mengatakan tidak ada pemeriksaan suhu badan di Bandara Tjilik Riwut atau pelabuhan. Kami nyatakan ini tidak benar. Pemeriksaan suhu badan milik kita itu bukan yang manual yang ditempelkan ke dahi itu, punya kita jauh lebih canggih dari itu," kata Solihin, Senin 23 Maret 2020.

Pemeriksaan di pelabuhan dan Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya menurut Solihin menggunakan alat thermoscanner.

Sistem kerja alat ini bisa mendeteksi suhu badan tanpa bersentuhan dan bisa dilakukan sekaligus kepada 20-30 orang.

"Jadi ini thermoscaner yang kalau orang lewat, otomatis diperiksa suhu tubuhnya. Yang diperiksa tidak merasa. Itu makanya dikira di bandara kita itu tidak ada pemeriksaan suhu tubuh padahal ada, tapi kita tidak gunakan cara manual," jelasnya.

Alat ini akan menampilkan pada layar berapa suhu tubuh seseorang. Jika ada yang suhu tubuhnya 30 derajat celsius atau lebih, maka akan dijemput oleh petugas bandara.

"Lalu akan diperiksa lagi kesehatannya. Sudah ada beberapa orang dengan pemantauan atau OPD yang kita temukan memalui thermoscaner ini dan kita serahkan ke dinas kesehatan," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru