Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Badan Siber Minta Startup Konsultasi Corona Lindungi Data Pribadi

  • Oleh Teras.id
  • 27 Maret 2020 - 00:15 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengeluarkan imbauan kepada setiap penyelenggara sistem elektronik untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka mendukung penanggulangan wabah virus Corona.

"Satu, setiap penyelenggara sistem elektronik e-commerce, healthtech, fintech payment, dan fintech lending, terutama terkait layanan kesehatan, kebutuhan pokok, uang elektronik dan peminjaman uang, agar tetap menjaga dan memonitor keamanan layanan, transaksi dan data pribadi dalam sistem elektroniknya," ujar Juru Bicara BSSN, Anton Setiawan melalui keterangan tertulis pada Kamis, 26 Maret 2020.

Adapun hal yang bisa dilakukan adalah dengan Business Continuity Plan terhadap layanan sistem elektronik dalam upaya mendukung situasi saat ini.

Kemudian poin kedua adalah setiap penyelenggara sistem elektronik, khususnya yang termasuk dalam layanan healthtech dengan media diskusi atau konsultasi, agar memperhatikan dan menerapkan perlindungan data pribadi. Misalnya, anonim, persetujuan pemilik data, enkripsi database, privacy policy, langkah preventif dan monitoring.

Lalu, imbauan ketiga, kata Anton, adalah setiap penyelenggara sistem elektronik sebaiknya merekapitulasi forum diskusi atau konsultasi yang diberikan baik secara publik maupun privat untuk dilaporkan kepada pihak berwenang.

"Tentunya jika terdapat anomali pelanggan yang terindikasi terjangkit Covid-19 agar dapat ditangani segera," kata Anton.

Terakhir, jika terjadi insiden terhadap penyelenggara sistem elektronik, dapat membuat laporan aduan insiden siber dan berkoordinasi dengan Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional BSSN. (TERAS.ID)

Berita Terbaru