Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Isolasi Warga Sekitar Pasien Covid-19, Kadinkes Persilakan Masyarakat Tempati Asrama Bapelkes

  • Oleh Testi Priscilla
  • 31 Maret 2020 - 06:20 WIB

BORNEONEWS Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul mengatakan bahwa sebenarnya masyarakat yang masuk dalam status ODP tidak perlu harus sampai diisolasi, hanya dikarantina. Namun pemerintah tetap persiapkan opsi jikapun masyarakat minta untuk diinapkan.

"Kita tetap menyiapkan opsi, bahkan kita sudah siapkan sekarang di UPT Balai Pelatihan Kesehatan milik Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng. Bahkan di situ ada juga ODP yang kita karantina," kata Suyuti dalam press rilis di Kantor Gubernur Kalteng pada Senin, 30 Maret 2020.

Masyarakat yang sudah masuk dalam daftar ODP menurutnya bisa saja pulang ke rumah dan mengisolasi diri sendiri, namun juga bisa memilih untuk bergabung di tempat yang telah disediakan pemerintah.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin bergabung ya silakan, kita masih punya tempat tidur kurang lebih 40-50 tempat tidur di Bapelkes. Terutama bagi masyarakat yang mungkin keluarganya positif, tidak nyaman bagi daerah situ untuk mereka tinggal di kawasan tempat tinggalnya, maka kita persilakan menempati Bapelkes," tambah Wakil Ketua Tim Gugus Percepataan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah ini.

Rencana karantina total untuk PDP juga menurut Suyuti telah disiapkan beberapa opsi salah satunya di Asrama Haji, dan asrama-asrama lain.

"Khusus untuk PDP nanti kalau di Doris sudah tidak memungkinkan maka kita akan menggunakan Asrama BPSD, khusus untuk PDP ya. Tapi untuk OPD kita siapkan adalah Bapelkes dan Asrama Haji, kalau kurang akan kita carikan lagi tambahan," tegasnya.

Total kasus pasien positif Covid-19 sampai pada Senin, 30 Maret 2020 berjumlah 7 orang dan total Pasien Dengan Pengawasan atau PDP sebanyak 39 orang dengan progres, di Palangka Raya pada RSUD Doris Sylvanus ada sebanyak 34 orang atau berkurang 1 orang dari hari sebelumnya, di Kotawaringin Barat tetap 4 orang sama dengan hari sebelumnya, di RSUD Jaraga Sasameh menjadi 1 orang atau bertambah 1 orang dari hari sebelumnya.

Distribusi PDP berdasarkan asal Kabupaten dan Kota, yakni dari Palangka Raya pada 30 Maret 2020 berjumlah 25 orang atau berkurang 3 orang dari hari sebelumnya, dari Kobar tetap 3 orang, serta dari Barsel bertambah 1 orang menjadi 3 orang dengan keterangan salah satu dari 2 orang yang dirawat di RSDS kemudian diisolasi di RSUD Jaraga Sasameh.

Selanjutnya, dari Barito Utara tetap berjumlah 1 orang, dari Murung Raya tetap berjumlah 2 orang, dari Katingan tetap berjumlah 1 orang, dari Barito Timur bertambah 1 orang menjadi menjadi 2 orang, serta dari Sukamara tetap berjumlah 1 orang. Total PDP pada 30 Maret 2020 berjumlah 39 orang atau sama dengan hari sebelumnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru