Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sandiaga Uno Dorong Pemerintah Salurkan PKH Sebelum Ramadan

  • Oleh Teras.id
  • 06 April 2020 - 09:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendorong pemerintah segera  menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Kartu Prakerja kepada masyarakat yang terimbas pandemi virus corona Covid-19.

"Sekarang dilakukan untuk unemployee benefit ini sangat perlu dilakukan dalam 2 minggu ke depan sebelum masuk bulan suci Ramadan," kata Sandi melalui konferensi video Ahad 5 April 2020.

Sandi mengapresiasi pemerintah yang telah menyiapkan tiga kebijakan stimulus bagi sektor perekonomian yang terkena dampak virus corona. Tetapi dia mengusulkan kepada pemerintah, agar program-program yang berhubungan langsung dengan rakyat skala ekonomi terbawah agar diprioritaskan.

Sandi yakin, jika program tersebut dilakukan dengan cepat, bisa membuat rakyat menjadi lebih tenang. Dia pun berharap, pemerintah dapat memanfaatkan basis data terpadu dalam penyaluran bantuan tersebut agar tepat sasaran dan tepat manfaat.

"Saya yakin kalau kita gerak cepat maka kita bisa mengantisipasi dampak dari virus corona terutama sosial dan ekonomi," tuturnya.


Sebelumnya, Kementerian Sosial menyatakan akan menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan setiap bulan, dari semula tiga bulanan, mulai April ini hingga Juni 2020. Penyaluran bulanan ini dilakukan pemerintah untuk membantu mengatasi dampak ekonomi masyarakat, terutama Keluarga Penerima Manfaat (KPM), akibat wabah Covid-19.

"Untuk PKH, telah diluncurkan dengan format baru mulai April 2020, yakni jumlah penerima dimaksimalkan menjadi 10 juta KPM. Penyaluran yang sebelumnya tiga bulan menjadi per bulan mulai April sampai Juni 2020," kata Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu 1 April 2020.

Selain penambahan jumlah penerima, besaran manfaat KPH juga naik. Hartono mencontohkan seperti komponen ibu hamil, naik dari Rp 2,4 juta menjadi Rp 3 juta per tahun, komponen anak usia dini naik jadi Rp 3 juta per tahun, komponen penyandang disabilitas Rp 2,4 juta per tahun dan seterusnya.

Dengan adanya kenaikan atau penambahan untuk PKH sebesar Rp 8,3 triliun, maka total anggaran untuk KPH kini naik menjadi Rp 37,4 triliun.

PKH menjadi perlindungan sosial yang diarahkan pemerintah sebagai jaring pengaman sosial di tengah wabah corona di Indonesia. Harapannya, masyarakat lapis bawah tetap dapat memenuhi kebutuhan pokok dan menjaga daya beli di tengah hantaman di bidang ekonomi.

TERAS.ID

Berita Terbaru