Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Turunnya Aktivitas Sehari-Hari Masyarakat Pengaruhi Berbagai Sektor Ekonomi di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 April 2020 - 13:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Rihando mengatakan bahwa turunnya aktivitas sehari-hari masyarakat pengaruhi berbagai sektor ekonomi di Kalteng.

"Menurunnya aktivitas masyarakat mempengaruhi penurunan omset dari sejumlah hotel, dan restoran serta UMKM sehingga kinerja pada sektor akomodasi, makanan, dan minuman diprakirakan terkoreksi cukup signifikan dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya," kata Rihando kepada Borneonews pada Jumat, 10 April 2020.

Dari sisi penawaran, lanjutnya, melambatnya ekonomi Kalimantan Tengah diprakirakan bersumber dari sektor perdagangan yang terdampak langsung dari menurunnya aktivitas masyarakat di luar rumah.  

"Selain itu, sektor lain yang berpotensi terdampak langsung yaitu sektor transportasi seiring dengan menurunnya aktivitas perjalanan masyarakat, baik di dalam maupun keluar Kalimantan Tengah," terangnya.

Dari sisi permintaan, permintaan domestik diperkirakan mengalami perlambatan, disebabkan oleh melemahnya permintaan masyarakat terhadap barang sekunder dan tersier dikala pembatasan aktivitas yang tengah terjadi.  

"Di samping itu aktivitas investasi baik yang dilakukan oleh Pemerintah maupun Swasta juga terdampak, seiring dengan penundaan proyek dan realokasi anggaran dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Dibutuhkan koordinasi, sinergi, dan partisipasi aktif langsung dari Masyarakat Kalimantan Tengah dalam meredam perlambatan ekonomi yang tengah terjadi," beber Rihando. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru