Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nenek 97 Tahun di Brasil Sembuh dari COVID-19

  • Oleh Teras.id
  • 14 April 2020 - 12:01 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Seorang nenek di Brasil, Gina Dal Colleto (97), tercatat sebagai pasien berusia paling lanjut yang berhasil sembuh dari penyakit virus corona 2019 atau COVID-19 di negara itu.

Dal Colleto telah dirawat di rumah sakit sejak 1 April hanya sedikit yang bisa mengira dia akan selamat dari virus mematikan itu dan meninggalkan rumah sakit pada Minggu, 12 April 2020.

Dia diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Vila Nova Star di Sao Paulo dengan kursi roda dan diiringi tepuk tangan dokter dan perawat rumah sakit itu.

Dal Colleto menjadi korban tertua COVID-19 yang diketahui di Brasil, negara Amerika Latin yang paling parah dilanda wabah penyakit itu. Dia tinggal sendirian di kota pelabuhan Santos.

"Bahkan dengan hampir seabad kehidupan, Gina memiliki rutinitas yang sangat aktif dan menikmati berjalan, berbelanja, dan memasak. Dia memiliki enam cucu dan lima cicit," kata Reuters memberitakannya, Senin 13 April 2020.

Selama 12 hari, Dal Colleto dirawat intensif di rumah sakit, lengkap dengan dukungan ventilator. Pemulihannya yang tak terduga adalah secercah harapan di Brasil. 

Virus corona itu telah membuat sistem kesehatan publik kewalahan dan memunculkan debat politik yang sengit tentang cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus.

Berdasarkan data peta sebaran kasus COVID-19 yang dibuat oleh Johns Hopkins University, Brasil memiliki kasus terkonfirmasi infeksi virus corona sebanyak 22.318, dengan korban meninggal 1.241 orang.

Namun Negeri Samba itu tidak melaporkan berapa banyak pasien yang sembuh dari virus yang pertama kali menyebar di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina, itu.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah meremehkan langkah pembatasan aktivitas sosial (social distancing) yang diberlakukan oleh gubernur negara bagian, bahkan oleh pejabat kesehatannya sendiri.

Berita Terbaru