Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Pendonor Darah Turun Akibat Covid-19

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 April 2020 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Wabah virus corona atau Covid-19 turut berdampak pada menurunnya jumlah orang yang mendonorkan darah ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kotawaringin Barat (Kobar).

Kepala UDD PMI Kobar yang juga merupakan Kepala Puskesmas Kumai dr Abimanyu, Kamis, 16 April 2020 menjelaskan, saat ini terjadi penurunan sekitar 50 persen dari jumlah individu yang biasanya mendonorkan darahnya. Itu karena banyak yang membatalkan donor darah.

"Hal tersebut tentunya berdampak pada menurunnya jumlah stok darah yang tersedia. Persiapan standar rata- rata per golongan darah disiapkan 15 - 20 kantong per hari," jelas Abimanyu.

Dia menuturkan, rata-rata di Kabupaten Kobar memerlukan 500 kantong darah setiap bulan. "Itupun diutamakan darah segar yang proses donornya kurang dari 6 jam. Berdasarkan data hari ini di UDD PMI Kobar untuk golongan darah A sebanyak 2 :  kantong, B : 2 kantong, O:19 kantong dan AB : 8 kantong," jelas Abimanyu.

Menurutnya, untuk memenuhi standar keamanan selama pandemik covid-19, pendonor diwajibkan mengikuti prosedur  sesuai protap yang ada pada UDD.

"Di antaranya mengisi formulir secara jujur tentang riwayat bepergian dari zona merah, maka terpaksa di tunda. Agar lebih aman, bagi petugas dan si pendonor petugas juga dilengkapi dengan APD standar UDD," jelas Abimanyu.

Abimanyu menambahkan, untuk memenuhi stok darah, rencananya beberapa pekan ke depan pihaknya bekerja sama dengan TNI, Polri dan SOPD.

"Mudah-mudahan hal ini mendaoatkan respon, sehingga stok darah bisa terpenuhi," jelas Abimanyu. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru