Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fasilitas Cuci Tangan Unik di Polres Kotawaringin Timur, Bebas Sentuh

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 April 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ragam pelayanan baru dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 kembali dicetuskan Polres Kotawaringin Timur. Kali ini berbentuk alat cuci tangan secara handsfree atau bebas sentuh.

"Jadi untuk menggunakan air atau sabun tidak lagi cara mainstream. Kalau biasanya harus buka keran atau membuka atau memencet tutup sabunnya. Fasilitas kita kali ini benar-benar bebas sentuh," kata Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel, Senin, 20 April 2020.

Rommel menjelaskan, cara kerjanya yakni alat cuci tangan itu menggunakan dua pedal kaki. Satu pedal untuk membuka saluran air, dan satu lainnya untuk sabun.

Cara tersebut sebagai bentuk antisipasi faktor-faktor yang menjadi penyebab penularan virus corona atau covid-19. Apalagi, ada tren penaikan yang cukup drastis jumlah positif di Kotim saat ini.

"Kita menggunakan sistem handsfree karena bisa saja virus itu menempel di pembuka keran air, atau tutup sabun. Intinya, kami mengantisipasi sekecil mungkin faktor yang berpotensi menjadi sarana penularan covid-19," kata dia.

Sementara itu, seiring dengan meningkatnya jumlah pasien positif covid-19 di Kotim, Rommel tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk selalu menaati protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Seperti tidak berkumpul, tidak keluar rumah jika tak ada kepentingan mendesak, menggunakan masker, serta menerapkan physical distancing.

"Setiap malam tim Polres Kotawaringin Timur akan melaksanakan patroli untuk menertibkan warga yang masih berkumpul. Ini langkah persuasif kami. Kalau masih membandel, bisa saja kami terapkan sanksi pidana bagi yang melanggar," kata Rommel. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru