Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hari Ini Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Korban Luapan Sungai Mahuroi

  • Oleh Rokim
  • 21 April 2020 - 09:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hari ini Selasa 21 April 2020 pihak TNI dari Kodim 1016 Palangka Raya bersama Polri, BPBD, dan Tagana akan melanjutkan pencarian korban yang hilang akibat meluapnya air Sungai Mahuroi, di Dukuh Rangan Diwung, Desa Tumbang Marohuoi, Kecamatan Damang Batu, Kabupaten Gunung Mas.

Dilanjutkannya pencarian ini karena hingga Senin pukul 17.30 WIB masih ada seorang korban yang belum ditemukan. Korban merupakan warga Desa Tumbang Panjang, Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Komandan Kodim 1016 Palangka Raya Kolonel Inf I Gede Putra Yasa mengatakan hingga Senin sore tim SAR gabungan baru berhasil menemukan 2 jenazah dan 1 korban sudah berhasil dievakuasi, sedangkan 1 korban lainnya belum bisa dievakuasi karena terkendala peralatan, cuaca, dan medan yang sangat sulit.

Pukul 11.00 WIB tim SAR gabungan berhasil menemukan mayat perempuan dalam kondisi terendam di Sungai Rambang anak Sungai Mahuroi.

Kondisi korban tertindih kayu besar, sehingga proses evakuasi mengalami kendala, karena keterbatasan peralatan dan sulitnya medan serta cuaca yang tidak mendukung.

Personel TNI, Polri, dan warga sedang mengevakuasi korban yang berhasil ditemukan
Personel TNI, Polri, dan warga sedang mengevakuasi korban yang berhasil ditemukan

Identitasnya mayat perempuan tersebut bernama indu Kris, warga Desa Tumbang Panjang, Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Lalu pukul 15.30 WIB tim SAR gabungan kembali menemukan satu korban bernama Kundran, warga Desa Tumbang Rangas, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kabupaten Gunung Mas. Sore itu juga jenazah korban diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.

"Karena kondisi tidak memungkinkan, sehingga pukul 17.30 WIB kegiatan evakuasi dihentikan dan dilanjutkan hari ini," kata Dandim.

Dandim mengtakan tim SAR gabungan yang hari ini ikut melanjutkan pencarian yakni Perwira Penghubung Kodim 1016 Palangka Raya di Kabupaten Gunung Mas beserta anggota Koramil 06 Kuala Kurun, Kabag Ops Polres Gunung Mas beserta anggota, tim Basarnas Kalteng, BPBD Gunung Mas, Tagana Gunung Mas, Danramil 1016-08 Tumbang Miri beserta anggota, Kapolsek Kahayan Hulu Utara beserta anggota, dan masyarakat Desa Tumbang Maruhoi.

Diketahui, 9 warga Desa Tumbang Mahuroi menjadi korban luapan Sungai Mahuroi pasca hujan deras Sabtu 18 April 2020 pukul 01.00 WIB.

Berita Terbaru