Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luhut Pandjaitan Khawatirkan Soal Kepulangan 505 Ribu TKI

  • Oleh Teras.id
  • 22 April 2020 - 13:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan kedatangan 505 ribu tenaga kerja Indonesia dari Malaysia berpotensi menjadi masalah tersendiri dalam mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

"Ini memang masalah tersendiri, kedatangan tenaga kerja Indonesia dari Kuala Lumpur itu hampir 505 ribu dan angka itu bisa bertambah. Kemudian dari Taiwan, kemudian juga di pelabuhan ini sendiri masalah," katanya dalam rapat virtual bersama Komisi V DPR, Selasa, 21 April 2020. 

Dia menyebut para TKI yang mudik ke Indonesia ini masuk melalui jalur yang tidak begitu ketat dijaga yakni jalur perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan Utara. Para TKI ini pulang melalui jalan 'tikus' antara Indonesia dan Malaysia. 

Menurut Luhut, kepulangan TKI ini tengah dikoordinasikan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar didata sehingga dapat dilacak keberadaan TKI tersebut. Hal itu dilakukan untuk mencegahpenyebaran virus corona tidak meluas.

Adapun, Malaysia memperpanjang movement control order (MCO) atau lockdown negaranya. Sementara, WNI yang berada di Malaysia jumlahnya melebihi 1 juta orang.

Kementerian Luar Negeri mencatat dalam rentang 18-31 Maret 2020, terdapat 34.696 orang yang kembali pulang dari Malaysia ke Indonesia dari Semenanjung Malaysia. Mayoritas yang pulang adalah WNI pemegang bebas visa 30 hari, bukan yang punya izin tinggal tetap di Malaysia.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru