Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Bentot Manfaatkan Posko Siaga Covid-19 di Desa Sebagai Jaring Informasi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 April 2020 - 17:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Puskesmas Bentot memanfaatkan posko siaga Covid-19 dan relawan di desa sebagai jaringan informasi dalam pencegahan penyebaran corona virus disease.

Kepala UPTD Puskesmas Bentot, Belwanto menjelaskan jaringan informasi melalui posko siaga Covid-19 berfungsi mencatat dan melaporkan secara berjenjang jika ada pendatang baru di desa, terutama yang datang dari zona merah atau transmisi lokal Covid-19.

"Setiap desa sudah terbentuk tim relawan yang akan mendata riwayat perjalanan setiap orang yang baru datang dari luar daerah ke desa," ungkapnya, Rabu  22 April 2020

Untuk tenaga kesehatan yang bertugas di posko, pihaknya mengoptimalkan fungsi tenaga kesehatan yang pada polindes di desa.

"Karena kami bukan pemegang anggaran di desa, kami menyarankan untuk menyediakan ruang atau tempat isolasi disetiap desa untuk meminimalisasi penularan jika ada keluarga yang datang dari luar daerah," imbuhnya.

Lanjutnya, setiap warga yang datang dari zona merah atau transmisi lokal Covid-19 dapat diisolasi di tempat yang telah disiapkan selama 14 hari, setelah itu baru boleh berkumpul bersama keluarga.

"Lebih baik kita mencegah dari pada kita harus mengobati jika sudah tertular Covid-19," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6) 

Berita Terbaru