Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Kecamatan Paju Epat Mulai Data Penggilingan Padi Jelang Masa Panen

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 April 2020 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur, melakukan pendataan rice milling unit atau penggilingan padi di wilayah kerjanya, menjelang musim panen.

Koordinator BPP Paju Epat, Lukmanul Chakim menjelaskan pendataan tersebut sebagai bagian dari upaya mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Barito Timur.

"Kami melakukan pendampingan, pengecekan, serta pendataan penggilingan padi di Desa Balawa dan Desa Siong, Kecamatan Paju Epat. Ini untuk mengetahui kesiapannya untuk masa panen saat ini," kata Lukmanul, Jumat, 24 April 2020.

Dia menjelaskan, pendataan tersebut juga untuk mendapatkan gambaran jumlah stok gabah dan beras di penggilingan secara periodik setiap minggu atau setiap bulan, untuk menyediakan informasi bagi pemerintah tentang stok pangan.

"Pengecekan penggilingan padi ini juga dilakukan sebagai bentuk keseriusan BPP Paju Epat dalam upaya menyediakan beras untuk mencapai ketahanan pangan nasional," imbuh Lukmanul.

Sementara itu, penyuluh pertanian yang bertugas di wilayah tersebut, Manulun, menjelaskan selain pedataan penggilingan padi, pihaknya juga mendampingi petani agar padi yang siap dipanen segera dipanen dan diusahakan serentak.

"Kegiatan pendampingan ini merupakan hal yang rutin di kami lakukan termasuk penyuluhan pertanian, sosialisasi, pemilihan bibit padi, pengolahan lahan, penaburan benih, pencabutan bibit, penanaman, pemupukan, pembersihan gulma, penyemprotan, sampai kegiatan pemanenan dan pasca panen," kata Manulun.

"Hal ini untuk membantu Poktan dan Gapoktan dalam menyukseskan swasembada pangan nasional," pungkasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru