Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim Sayangkan Pembahasan Anggaran Covid-19 Tidak Dipaparkan Secara Jelas

  • Oleh Naco
  • 25 April 2020 - 10:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pembahasan penggeseran anggaran antara tim anggaran legislatif dan tim anggaran eksekutif sudah dilakukan, namun demikian masih menuai kritikan.

Anggota Fraksi PAN DPRD Kotim, M Kurniawan Anwar menyebut rapat paparan rencana pergeseran anggaran antara Banggar bersama TAPD berjalan sangat singkat.

Tentu hal ini sangat ironi, karena mereka sebagai anggota dewan saat itu ingin juga mengetahui sejauh mana penggunaan anggaran dan realisasi di lapangan terhadap masyarakat.

"Bahkan kami yang hendak mengajukan pertanyaan saja, tidak diberi kesempatan ini yang sampai kini kita sesalkan," katanya.

Rapat itu menurutnya bertujuan karena terbitnya PMK 35 Tahun 2020 tentang pengelolaan transfer daerah dan dana desa tahun anggaran 2020 dalam rangka penanganan pademi Corona.

Dilanjutkan dengan surat edaran bupati nomor 900/II.1/179/bpkad/2020 yang akhirnya berimbas terjadinya rasionalisasi lagi. Seluruh SOPD melakukan pemangkasan dan penyesuaian kembali struktur APBD 2020.

"Yang mengherankan rapat yang sama dihari sebelumnya dilakukan terbuka mengapa menjadi tertutup dari awak media pada hari berikutnya," katanya.

Padahal menurutnya mereka juga ingin ada transparansi, karena jelas UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, terlebih masalah ini menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Jangan sampai publik menilai negatif, DPRD enggan memangkas anggarannya, persoalannya tidak seperti itu. Sehingga kita tahu juga terkait lainnya," tegasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru