Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah Ada 2 Pasien Covid-19 Sembuh di Kabupaten Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 April 2020 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Saat ini di sudah ada dua pasien Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang terkonfirmasi sembuh berdasarkan pemeriksaan swab di laboratorium.

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr. Fachruddin, Minggu, 26 April 2020, menjelaskan pasien yang sebelumnya positif dan saat ini sudah sembuh adalah JR, asal Desa Purba Sari, Kecamatan Pangkalan Lada.

"Berdasarkan catatan medik, pasien JR masuk dan dirawat di ruang karantina RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun tanggal 4 April 2020 dan langsung dilakukan pengambilan swab," jelas Fachruddin.

Kemudian, menurut Fachruddin, keesokan harinya yaitu 5 April 2020 diperoleh hasil pemeriksaaan Polymerase Chain Reaction (PCR) Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya  bahwa JR diketahui positif covid-19.

"Di hari yang sama pengambilan swab diulangi kembali pada pasien itu dan hasilnya diterima keesokan harinya yaitu tanggal 6 April 2020 yang juga menunjukkan hasil positif," jelas Fachruddin.

Fachruddin menjelaskan, sesuai pedoman Covid-19, maka dilakukan evaluasi untuk memastikan kesehatan pasien yang bersangkutan.

"Pengambilan swab berikut dilakukan pada hari 14 perawatan atau tanggal 15 April 2020. Hasil pemeriksaan laboratorium diperoleh tanggal 22 April 2020 yaitu negatif," jelas Fachruddin.

Fachruddin menjelaskan, walaupun hasil pemeriksaan laboratorium diketahui negatif, namun pengambilan swab untuk diperiksa menggunakan PCR di laboratorium dilakukan pada hari ke 17 perawatan tanggal 24 April 2020.

"Hasilnya kembali diketahui negatif. Karena 2 kali pemeriksaan PCR diketahui negatif, artinya pasien atas nama JR tersebut dinyatakan sembuh dari covid-19," jelas Fachruddin. (WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru