Cegah Cabin Fever Selama Pandemi Covid-19 dengan Berpikir Positif

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 April 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tenaga Psikolog Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Raya, Kila Lavina, mengatakan berpikir positif di tengah pandemi Covid-19 ini akan dapat menghindarkan masyarakat dari gangguan Cabin Fever.

"Cabin Fever itu kan gangguan emosi atau perasaan sedih yang muncul akibat terlalu lama terisolasi atau terkurung di suatu tempat dalam kurun waktu yang lama. Dalam keadaan seperti ini, usahakan untuk tidak berfokus pada pikiran negatif terhadap terisolasinya diri pada masa seperti ini," kata Kila, Minggu, 26 April 2020.

Menurut Kila, sebenarnya bepergian ke luar rumah adalah cara yang paling ampuh untuk mencegah cabin fever.

"Tapi kan kita sekarang sedang dalam masa darurat virus corona, apalagi sekarang sudah diterapkan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB jadi bepergian ke luar rumah bukanlah opsi yang bijak," tuturnya.

Jika bepergian ke luar rumah bukanlah pilihan yang bisa diambil, lanjutnya, maka berpikir positif dan melakukan kegiatan positif di rumah saja adalah pilihan yang paling baik saat ini.

"Awal-awal kita diminta untuk diam di rumah saja kan kita kebanyakan mensyukuri bahwa akhirnya kita punya waktu untuk bersama keluarga, punya waktu untuk memasak dan mengurus rumah. Nah saran saya, kembali lagi ke pikiran itu. Mungkin agak sulit karena kita sekarang lebih dari sebulan sudah diminta untuk di rumah saja, tapi harus kita usahakan supaya selalu berpikiran positif," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru