Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

14 Orang Asal Pulau Jawa Ingin Pulang Kampung Bukan Mudik

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 April 2020 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 14 orang asal Pulau Jawa berada di Pelabuhan Panglima Utar, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat (Kobar), mengadu ke Dinas Sosial Kobar (Dinsos) mengaku ingin pulang kampung, bukan mudik, Senin, 27 April 2020.

Ke-14 orang asal Jawa Timur dan Jawa Tengah ini menyatakan, ingin pulang kampung lantaran sudah tidak lagi bekerja di Kobar. Sehingga memohon solusi kepada Dinsos Kobar untuk difasilitasi.

"Rekan-rekan saya ini sudah tidak bekerja, ada yang sudah dua hari, seminggu bahkan sudah ada yang 10 hari tidak bekerja," kata Arif (45) salah seorang warga asal Jawa Timur ini.

Sebelumnya, mereka bekerja di perkebunan sawit milik perseorangan, kemudian ada yang bekerja proyek. Namun karena tidak lagi bekerja dan bukan warga Kobar, hanya satu permintaannya bagaimana bisa kembali ke daerah asalnya.

"Kami bukan warga sini. Harapan kami hanya ingin pulang kampung bukan mudik. Kalau di sini sudah tidak ada kerjaan, lalu yang ngasih makan di sini siapa" ungkapnya.


Sementara itu Kepala Dinsos Kobar Akhmad Yadi mengatakan,  keinginan mereka adalah pulang kampung. Namun terkait alat transportasi bukan kewenangan Dinsos.

"Mereka sudah beli tiket dan minta kepastian bahwa pada 29 April 2020 ini bisa naik kapal Kirana kalau tidak salah, dengan tujuan Surabaya, kalau masalah kapal ini kan sudah ada kantor dinas terkait yang menanganinya," ungkapnya.

Selain itu, status mereka ini bukan orang terlantar, sehingga Dinsos tidak bisa berbuat banyak. Selain itu, saat ini terbit Permenhub Nomor 25 Tahun 2020, tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah. (DANANG/m)

Berita Terbaru