Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengenal 8 Jenis Kurma, Ada yang Pedas Juga

  • Oleh Teras.id
  • 03 Mei 2020 - 09:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Buah kurma biasanya tersaji saat buka puasa. Masyarakat Indonesia mengenal berbagai jenis kurma dan karakteristiknya. Ada yang bertekstur agak keras tapi kurang menis, lunak manis, lunak dengan manis sedang, dan lainnya.

Buah dengan nama latin Phoenix dactylifera ini punya banyak jenis. Mari kita simak jenis kurma berikut dan seperti apa karakteristiknya.

  1. Barhi 
    Jenis kurma dengan daging buah paling rapuh, lembut, dan saripati yang kaya. Buahnya berukuran kecil hingga sedang dengan kulit keras berwarna kuning. Warna itu berubah menjadi coklat keemasan saat menjalani proses pengeringan.
     
  2. Dayri
    Rasa dan aroma buah sangat manis. Daging buahnya lunak, berukuran sedang hingga besar dengan kulit buah berwarna merah ketika matang. Lalu berubah menjadi cokelat dan kemudian hitam ketika dikeringkan.
     
  3. Deglet Noor
    Berarti kurma yang bercahaya. Ini jenis kurma dengan rasa manis tipis. Tapi justru rasa tersebutlah yang disebut sebagai rasa asli kurma. Buahnya berukuran sedang hingga besar dengan kulit yang berubah dari kuning ke coklat tua saat matang. Selain dikonsumsi dalam bentuk kering, kurma jenis ini juga cocok dijadikan bahan masakan.

  • Halawy atau Halawi
    Halawy berarti "manis", yang menggambarkan rasa kurma jenis ini. Mirip dengan rasa madu. Buah berukuran kecil hingga sedang dengan kulit coklat keemasan cerah dan tekstur daging lunak. 
     
  • Khadrawy atau Khadrawi
    Sama seperti Daglet, rasa manisnya tidak terlalu kuat, beraroma lembut. Buah berbentuk lonjong sedang sampai besar dengan kulit oranye-coklat, hingga coklat muda dan daging yang padat dan pejal. Kurma ini dianggap sebagai yang terbaik dalam rasa dan tekstur untuk dimakan dalam kondisi segar.
     
  • Medjool atau Medjul
    Cita rasa buah yang kaya, manis, lezat dengan tekstur buah sedikit berserat. Buah berukuran besar hingga sangat besar dengan kulit kuning ke coklat kemerahan saat matang. Sangat cocok untuk dikonsumsi dalam bentuk buah segar. Kadar airnya cukup tinggi.
     
  • Thoory
    Kurma dengan rasa tidak terlalu manis dan sensasi pedas. Dikenal sebagai kurma roti karena cocok untuk diolah dengan cara dipanggang. Buah berbentuk lonjong sedang sampai besar dengan daging berwarna coklat keemasan.
     
  • Zahidi
    Kurma dengan aroma manis seperti gula, namun rasanya tidak terlalu kuat. Buah berukuran sedang dengan kulit halus, mengilap, dan daging kuning keemasan, penuh dengan saripati. Cocok untuk dimakan langsung, dijadikan bahan masakan, atau dipanggang.

  • TAGS:

    Berita Terbaru