Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

251 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di 3 Desa Kecamatan Cempaga

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Mei 2020 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banjir di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali meluas. Kali ini 3 desa di Kecamatan Cemapaga juga dilanda banjir. Bahkan setidaknya ada sekitar 251 kepala keluarga yang terdampak.

"Tiga desa yang terdampak banjir yakni Desa Patai, Desa Rubung Buyung dan Desa Luwuk Ranggan," ujar Plt Camat Cempaga Dedi Purwanto, Minggu, 03 Mei 2020.

Dirinya bersama unsur muspida lainnya seperti Danramil dan Kapolsek Cemapaga sudah melakukan pemantauan ke lokasi banjir. Mereka melihat langsung para warga yang terdampak.

Ia menjelaskan, untuk di Desa Patai, jumlah kepala keluarga yang terdampak yakni 111 KK terdiri dari 48 KK di RT 09, dan 63 KK di RT 05. Banjir terjadi akibat luapan air Sungai Cempaga. Ketinggiannya dari jalan mencapai 15 cm hingga 20 cm. Bahkan jika air sedang pasang, bisa mencapai 30 cm hingga 50 cm. 

Sementara di Dusun Baninan, Desa Rubung Buyung, ada 140 kepala keluarga yang terdampak. Terdiri dari RT 07 sebanyak 27 KK, RT 08 61 KK dan RT 09 sebanyak 58 KK. Ketinggian air juga hampir sama dengan di Desa Patai.

Sedangkan di Desa Luwuk Ranggan, masih dalam pendataan pihak aparatur desa. Dia pun meminta agar seluruh kepala desa di Kecamatan Cempaga segera mendata berapa kepala keluarga yang terdampak banjir di desa mereka. Hal itu sebagai langkah agar bantuan dari pemerintah bisa disalurkan. 

"Kami sudah meminta kepala desa untuk mendata berapa KK yang terdampak banjir," terang Dedi. 

Dia berharap, masyarakat selalu waspada dalam menghadapi musibah banjir ini. Anak-anak juga harus dijaga agar tidak ada yang menjadi korban nantinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru