Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Rob di Desa Pelangsian Masuk Rumah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Mei 2020 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banjir rob atau air pasang yang melanda Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), tidak hanya menggenagi jalan. Namun sudah masuk hingga ke rumah-rumah warga.

Bajir rob tersebut gapir setiap hari terjadi, dan melanda warga desa tersebut yang tinggal di pinggiran Sungai Mentaya. Sehingga hal itu sangat menggangu aktivitas mereka.

"Banjir rob ini hampir setiap hari terjadi dalam beberapa hari terakhir. Walaupun waktunya hanya beberapa jam saja, namun air sudah masuk ke dalam rumah," ujar Junaidi, salah seoranh warga yang tinggal di Jalan Karya Mandiri, Selasa, 05 April 2020.

Dirinya mengatakan bahwa air pasang sendiri akan terjadi sejak sore hari. Saat itulah air terua meninggi hingga menggenangi jalan dan sejumlah rumah warga yang berkontruksi rendah.

Banjir rob tersebut akan surut setelah sekitar pukul 22.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Namun besok hari kembali lagi menggenangi rumah-rumah warga yang berada di desa tersebut.

"Banjir ini terjadi setelah beberapa hari terakhir hujan terus melanda daerah ini. Sehingga air pasang cukup tinggi hingga," kata Junaidi. 

Dirinyapun terpaksa mengungsi ke rumah mertuanya sementara waktu ini. Karena khawatir banjir tersebut terus meningkat. Selain itu, takut ada ular atau hewan berbahaya lainnya masuk ke dalam rumah mereka. 

"Saya sementara ini tinggal di rumah mertua, karena istri saya takut ada ular masuk ke dalam rumah," terang Junaidi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru