Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Agar Pahami Setiap Program Bansos, Camat Bulik Minta Warga Proaktif

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Mei 2020 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Camat Bulik H Abdul Kohar meminta warganya proaktif agar berbagai program bantuan sosial (Bansos) yang digulirkan pemerintah dalam upaya penanggulangan dampak Covid-19 dapat disalurkan dengan tepat sasaran. 

Tak hanya itu, masyarakat juga diminta mencari data serta informasi yang akurat agar tidak keliru dalam memahami jenis program bansos serta calon penerima manfaatnya masing-masing.

"Sampai sekarang terkadang masih banyak warga yang tidak bisa membedakan program bansos yang satu dengan yang lainnya, misalnya saja antara jenis bansos sembako gratis dan sembako murah, begitu juga untuk jenis-jenis program bansos lainnya," kata Kohar, saat dikonfirmasi, Rabu 6 Mei 2020.

Agar tidak terjadi miss informasi seperti itu, kata Kohar, saya harap masyarakat tak segan bertanya kepada pihak-pihak terkait, seperti kepada petugas RT, aparat pemerintahan desa atau kelurahan, bukan justru ketidaklengkapan informasi itu jadi bahan perdebatan atau bahan gunjingan baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Kohar juga bercerita, dirinya pernah mendapatkan keluhan dari salahsatu warganya yang mengaku tidak dapat informasi dari RT tentang program sembako murah, sehingga menuding RT-nya pilih kasih. Singkat cerita, Kohar balik bertanya kepada warganya itu apakah sudah mendatangi RT yang ia keluhkan itu atau belum, ternyata jawabannya tidak. Bukan hanya tidak didatangi, warga tersebut bahkan tidak kenal dengan RT-nya sendiri. Padahal warga tersebut sudah lebih dari tiga tahun tinggal di tempat tersebut. 

"Kan aneh ya, ada warga yang menyalahkan petugas RT tapi di sisi lain dia sendiri saja tidak tahu RT-nya itu siapa. Ini kejadian nyata lho. Maksud saya gini, boleh jadi ada kealfaan dari petugas RT-nya itu, namun ayo semua proaktif, agar hal demikian itu tidak terjadi," katanya. 

Selebihnya, mantan Kabag Kesra Setda Lamandau itu juga mengingatkan agar lurah, kades maupun RT sebagai ujung tombak pemerintahan betul-betul melakukan pendataan warga calon penerima manfaat berbgai bansos dengan baik. Sehingga program yang dicanangkan dapat tersalurkan dengan tepat sasaran.

"Seperti yang selalu diperingatkan pak Bupati dalam berbagai kesempatan, kita semua harus benar-benar menyajikan validitas data agar setiap bansos tersalurkan dengan tepat sasaran. Itu juga yang saya harapkan dari para kades dan RT yang ada di kecamatan Bulik secara khusus," tukas dia.  (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru