Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pakaian dan Kelengkapan Ruang Karantina Pasien Positif Covid-19 Juga Ditangani Secara Khusus

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Mei 2020 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bukan hanya limbah medis infeksius berupa hazmat bekas pakai petugas dan peralatan makan sekali pakai, pakaian pasien dan kelengkapan ruang karantina pasien positif covid-19 seperti sprei dan lainnya juga ditangani secara khusus. 

Direktur RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun dr Fachruddin mengatakan, pakaian dan perlengkapan kamar perawatan dan karantina dicuci pada loundry infeksius.

"Jadi tidak menggunakan loundry biasa yang mencuci perlengkapan kamar di RSSI. Loundry infeksius tadi, khusus mencuci pakaian atau perlengkapan kamar yang masuk kategori rawan penularan penyakit berbahaya," jelas Fachruddin.

Menurutnya seluruh petugas baik cleaning service, petugas pembakar dan pengumpul abu limbah medis, pengumpul dan pencuci pakaian pasien selalu menggunakan APD hazmat lengkap.

"Ini merupakan prosedur keamanan dan keselamatan yang wajib dipatuhi untuk mencegah tertularnya petugas tersebut dan menularkan covid-19 pada orang lain," jelas Fachruddin.

Sebelumnya, Fachruddin menjelaskan limbah infeksius yang dibakar di alat  incenator, abu hasil bakarannya kemudian dikumpulkan oleh pihak ketiga untuk ditangani perusahaan di Bogor.

Total abu hasil pembakaran limbah infeksius di RSSI pada bulan April 2020 mencapai 565 kilogram. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru