Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapal Penumpang Kembali Beroperasi di Pelabuhan Sampit, Hanya untuk Keperluan Mendesak Bukan Mudik

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Mei 2020 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapal penumpang kembali beroperasi di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Namun hanya untuk masyarakat yang berkepentingan mendesak, bukan untuk mudik. 

"Sudah ditegaskan pemerintah pusat, angkutan kapal penumpang bukan untuk pemudik," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit, Thomas Chandara, Senin, 11 Mei 2020. 

Saat ini, ada 2 tujuan keberangkatan yang melayani di Pelabuhan Sampit yakni Semarang dan Surabaya. Adapun pelayaran yang beroperasi yaitu PT Pelni dan PT Dharma Lautan Utama (DLU). 

Kedua pelayaran tersebut diperbolehkan kembali membawa penumpang, namun sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 tahun 2020, tentang Larangan Kapal Laut Mengangkut Penumpang Mudik Selama Pandemi Covid-19. 

"Jadi penumpang yang boleh berangkat harus melengkapi persyaratan. Terutama memiliki hasil swab atau rapid test Covid-19," kata Thomas. 

Selain itu, penumpang juga harus melengkapi segala sesuatunya, seperti tujuan berangkat dan keterangan perihal dasar kepergiannya.

"Yang pasti kami tidak melayani mudik, dan semuanya terkait penumpang akan kami awasi sesuai aturan yang berlaku terkait Covid-19," terang Thomas. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru