Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UI Gandeng Industri Bikin Flocked Swab untuk Tes Covid-19

  • Oleh Teras.id
  • 15 Mei 2020 - 08:01 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Universitas Indonesia (UI) menggandeng mitra industri untuk mengembangkan produk pendukung swab test Covid-19, flocked swab, dengan kandungan lokal hampir 100 persen.

Rektor UI Ari Kuncoro menuturkan kolaborasi pendidikan tinggi dan industri mutlak dilakukan dalam menghadapi situasi pandemi Covid -19.

Melalui sinergi tersebut berhasil menciptakan flocked swab HS 19 yang telah diproduksi sebanyak 50.000 unit pada batch pertama.

Produk itu telah diserahkan pada Kamis, 14 Mei 2020, kepada jaringan dokter Fakultas Kedokteran UI (FKUI) Angkatan '95 untuk didistribusikan ke berbagai rumah sakit yang membutuhkan.

"Target kami adalah mencapai produksi 1 juta unit pada Juni tahun ini yang kemudian akan disumbangkan secara gratis kepada pemerintah untuk didistribusikan kepada rumah sakit dan laboratorium rujukan Covid-19 di seluruh Indonesia," kata Ari melalui keterangan tertulis, Kamis 14 Mei 2020.

Swab test menjadi cara mendiagnosis apakah seseorang positif terinfeksi Covid -19 atau tidak. Hingga saat ini, swab test menjadi standar diagnostik virus corona yang dianjurkan oleh World Health Organization (WHO), karena tingkat reliabilitas yang jauh lebih tinggi dibanding metode lainnya.

Swab test menggunakan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR), yang mutlak membutuhkan produk pengumpul spesimen yang bernama flocked swab. Hingga saat ini flocked swab masih sangat langka di Indonesia dan hanya bisa didapatkan melalui impor.

Menjawab permasalahan tersebut, UI membantu memerangi pandemi Covid-19, mendirikan sebuah konsorsium yang terdiri atas para ahli dan peneliti dari Research Center for Biomedical Engineering (RCBE) Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI).

Mereka berkolaborasi dengan beberapa mitra industri, yaitu Dynapack Asia Pte Ltd, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Ingress Malindo Ventures, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Langgeng Jaya, PT Indachi Prima, dan PT Sri Tita Medika, untuk mengembangkan flocked swab.

Flocked swab itu diberi nama HS 19, yang merupakan singkatan dari Hope and Solution for Covid-19. Flock swab ini akhirnya telah diproduksi setelah melalui tahapan riset dan pengujian.

Berita Terbaru