Warga Seruyan Hulu Usulkan Mesin Perontok Rotan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 17 Mei 2020 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Warga dibeberapa desa wilayah Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan berharap agar bisa diberikan bantuan mesin perontok rotan oleh pemerintah daerah.

Anggota DPRD Seruyan, Atinita menuturkan harapan warga ini disampaikan saat anggota dewan melaksanakan reses di wilayah daerah pemilihan Seruyan III meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar, dan Suling Tambun.

“Aspirasi warga di sana mengusulkan bantuan mesin perontok rotan, tidak lain untuk mempermudah masyarakat dalam mengolah hasil produksi dari rotan yang cukup melimpah di sana,” katanya, Minggu, 17 Mei 2020.

Dengan adanya mesin perontok rotan maka akan mempermudah proses produksi, karena untuk di wilayah Dapil III hingga sekarang masih banyak masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin rotan.

Menurutnya untuk mendukung aktivitas masyarakat sebagai pengrajin rotan diperlukan peran aktif dari pihak terkait untuk lebih memaksimalkan hasil produksi, sehingga pada akhirnya akan berpengaruh terhadap pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini masih banyak warga yang menggantungkan hidupnya terhadap hasil produksi rotan, sehingga perlu adanya kehadiran pemerintah untuk membantu keberlangsungan usaha mereka,” harapnya.

Apalagi dalam menjalankan usaha sebagai pengrajin dan petani rotan hingga sekarang masih banyak kendala di lapangan seperti ketidak stabilan harga dan kendala lainnya sehingga hal inilah yang harus diperhatikan bersama. (FAHRUL/B-6)

Berita Terbaru