Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Sedang Persiapkan Posko Pengaduan Bansos

  • Oleh Hendri
  • 18 Mei 2020 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sedang mempersiapkan pos pengaduan dan pos pemantauan penyaluran bantuan sosial atau Bansos.

Pos ini nantinya untuk mengetahui adanya penduduk yang rentan terdampak terdampak Covid-19 namun belum mendapatkan bantuan sosial.

Ketua Harian Gugus Tugas, Emi Abriyani menjelaskan, pos tersebut nanti bertugas untuk memantau penyaluran bansos dari pemerintah kota kepada 12.308 kepala keluarga yang terdata sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai atau BST.

Adapun hal-hal yang perlu diwaspadai dalam penyaluran tersebut di antaranya terdapat penerima tidak berhak dan yang berhak malah tidak mendapatkan bantuan akibat kesalahan data.

Kemudian juga mengawasi agar tidak terjadi manipulasi data atau data yang palsu dikeluarkan bukan oleh instansi atau pejabat berwenang. Selanjutnya menghindari potensi konflik, praktek pungutan liar dan penyalahgunaan data fiktif.

"Pos pantau bansos merupakan masukan dari pihak Kejaksaan Negeri. Saran dari mereka kita jalankan sesuai aturan berlaku guna menghindari terjadi kekeliruan yang berpotensi menjadi masalah hukum," kata Emi, Senin, 18 Mei 2020.

Sebelumnya, Kajari Palangka Raya, Zet Tadung Allo menyampaikan beberapa saran terkait penyaluran BST yang rencannya disalurkan sebelum idul fitri ini.

Di antaranya, menghindari potensi kolusi, janji yang menguntungkan pribadi, suap, gratifikasi, kepentingan sendiri dalam pengadaan barang dan jasa, maladminitrasi, menyalah gunakan kondisi darurat serta intimidasi dari pihak tertentu. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru