Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Pimpin Rapat Terbatas Percepatan Pelaksanaan Program Pembangunan Pertanian

  • Oleh Nopri
  • 20 Mei 2020 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran memimpin rapat terbatas dengan sejumlah perangkat daerah terkait dan para pakar pertanian.

Rapat ini dalam rangka persiapan percepatan pelaksanaan program pengembangan pertanian di Provinsi Kalteng sebagaimana instruksi dari Presiden RI Joko Widodo di Istana Isen Mulang, Palangka Raya.

"Untuk mengantisipasi ketahanan pangan nasional di tengah pandemi Covid-19 ini, Presiden Joko Widodo memberikan kepercayaan kepada Provinsi Kalimantan Tengah untuk melakukan pengembangan pertanian di wilayah Kalteng." katanya, Rabu, 20 Mei 2020.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalteng mengajak para pakar pertanian dan gambut di Kalteng, baik dari Dewan Riset Daerah (DRD) maupun perguruan tinggi, untuk dapat mendukung upaya Pemprov Kalteng dalam program pengembangan pertanian di lahan gambut tersebut.

"Saya ingin meminta bantuan dan riset kepada ahli gambut dan ahli pertanian dari Universitas Palangka Raya dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya untuk membantu Pemerintah Daerah bersama-sama menyiapkan rencana pengembangan lahan gambut di wilayah Kalteng untuk perluasan areal tanaman pangan," harapnya.

Selain itu, Gubernur Sugianto juga meminta kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Peternakan, Dinas Kehutanan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk memaparkan kesiapan pengembangan rawa gambut sebagai lahan pertanian, terutama kawasan Eks Proyek Lahan Gambut (PLG) yang terletak di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

"Dengan diolahnya lahan eks PLG ini nantinya, saya yakin lahan-lahan tersebut akan menjadi lahan produktif dan tidak akan ada lagi yang terbakar karena sudah ada yang mengolah dan menjaga lahan tersebut. Semua ini untuk ketahanan pangan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kalteng ke depannya," tutupnya. (NOPRI/m)

Berita Terbaru