Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belum Genap Seminggu, KawalBansos Covid-19 Terima 259 Pengaduan

  • Oleh Teras.id
  • 23 Mei 2020 - 13:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sejak diluncurkan pada 17 Mei 2020 lalu, KawalBansos.ID sudah menerima banyak pengaduan dari warga. Hingga 21 Mei 2020, tercatat ada 259 laporan yang diterima oleh mereka.

"Melalui pengawasan mandiri ini diharapkan rantai komunitas di masyarakat bergerak mengawasi penyaluran bantuan sosial atau bansos untuk mengatasi pandemi Covid-19," kata inisiator KawalBansos.ID Ari Nurcahyo dalam keterangan tertulis, Sabtu, 23 Mei 2020.

KawalBansos merupakan sarana yang bisa digunakan masyarakat untuk mengawasi penyaluran bantuan sosial Covid-19. Status data yang sudah diterima dilaporkan secara berkala di website mereka. Laporan ini kemudian akan diteruskan kepada otoritas pemerintah yang berwenang.

Untuk memastikan manfaat layanan pengaduan ini, Ari mengatakan KawalBansos dipastikan terhubung dengan platform lain milik pemerintah yakni lapor.go.id yang dikelola oleh Kantor Staf Presiden (KSP), KemenPAN-RB, dan Ombudsman RI. Dalam minggu pertama beroperasinya KawalBansos.ID ini sebagian pekerjaan adalah meneruskan data laporan masih dilakukan secara manual.

Alasannya, kata Ari, agar urgensi layanan ini bisa langsung berjalan, sementara pengembangan sistem bisa terus dilakukan.

"Kami memiliki komitmen pada tiga hal. Yang pertama adalah satu integrasi data, lalu satu pintu manajemen data, dan satu metode bantuan sosial," kata Ari.

Koordinator KawalBansos, Irwan Runtuwene, mengatakan secara sistem, KawalBansos masih terus dalam pengembangan. Meski begitu, fungsi untuk layanan laporan pengaduan sudah dibuka sejak peluncuran pada minggu lalu.

"Terima kasih pada rekan-rekan media dan juga jaringan, karena dalam beberapa hari ini saja sebaran pelaporannya sudah cukup luas, yakni dari 80 kota/kabupaten di 20 provinsi," kata Irwan.

Melihat dinamika data laporan dan cukup luasnya cakupan sebaran pelaporan pada minggu pertama ini, Irwan optimistis banyak pihak akan turut terpanggil untuk bergerak bersama mengawal penyaluran bansos Covid-19. Harapannya, bansos dapat disalurkan tepat sasaran dan kepada mereka yang berhak dan membutuhkan.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru