Ferrari 360 Modena Stretch Limos, Limusin Tercepat di Dunia

  • Oleh Teras.id
  • 25 Mei 2020 - 14:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ferrari merupakan mobil sport yang identik dengan kecepatan tinggi. Mobil itu biasanya memiliki dimensi kecil dan ramping. Namun Ferrari yang satu ini berbeda, dimensinya panjang, 7 meter! Ya, Ferrari Modena 360 ini dimodifikasi menjadi sebuah limusin. Ia bahkan dijuluki sebagai limusin tercepat di dunia.

Tentu saja limusin ini bukan buatan pabrikan asal Italia itu, tapi dibuat oleh pihak ketiga dai digunakan sebagai limusin yang disewakan. Saat ini terdapat beberapa limusin Ferrari seperti di Dubai, Inggris, Australia, dan Amerika Serikat. Seluruhnya dibuat dari basis Ferrari 360 Modena tahun produksi 2003. Bodinya rata-rata diperpanjang minimal 6 meter. Namun demikian, mesin asli berkonfigurasi V8 tetap dipertahankan di lokasinya.

Dari sekian banyak limusin Ferrari, buatan Dan Cawley, bos Style Limousines dari Menchester, Inggris, merupakan pemegang rekor limusin Ferrari terpanjang di dunia. Ferrari 360 Modena dimodifikasi dengan menambah ruang kabin sepanjang 7 meter. Cawly bekerja sama dengan mantan ahli serat karbon McLaren, Chris Wrigt, dalam memodifikasi Ferrari 360 Modena ini.

Limusin Ferrari 360 Modena buatan Dan Cawley, Style Limousines, dengan pintu model sayap. (Autoevolution)

Limusin yang dibuat pada 2007 ini dibanderol dengan harga £ 200.000 (setara Rp 3,2 miliar). Dari harga itu, sepertiganya dihabiskan untuk membeli Ferrari 360 Modena bekas.

Ini bukan limusin biasa, kecuali untuk eksterior. Hanya saja penampilannya kini lebih panjang. Interiornya tak dibuat semewah limusin pada umumnya.

Cawley, seperti dilaporkan situs autoevolution.com, mengatakan kepada media pada saat itu bahwa ia menciptakannya sebagai "supercar untuk massa." Dengan kata lain, ia ingin menawarkan kepada orang-orang biasa pengalaman mengendarai Ferrari, dengan biaya yang sangat murah dan, karena memungkinkan, ditemani lebih banyak teman.

Dipersembahkan di European Limousine and Chauffeur Show tahun itu, limusin Ferrari ini masih mempertahankan V8 3,6 liter yang asli. Posisinya juga tak diubah, tetap terlihat melalui jendela belakang. Bagian depan dan belakang dipertahankan.

Dalam proses pembuatan limusin, mobil itu dipotong setengah dan diperpanjang menggunakan bahan dari serat karbon. Seluruhnya dikerjakan secara manual. Cawley menambahkan pintu model sayap bertenaga hidrolik.

Berita Terbaru