Dosen UPR Sarankan Pemerintah Bangun Pasar yang Terapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Mei 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Palangka Raya, Darmae Nasir menyarankan pemerintah untuk membangun pasar yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Saya menyarankan ada baiknya pemerintah kabupaten/kota memikirkan bagaimana menciptakan pasar yang dapat menerapkan protokol pencegahan Covid-19," kata Darmae pada Senin, 25 Mei 2020.

Menurut Darmae, memang sangat sulit untuk menerapkan protokol covid-19 di pasar tradisional yang ada saat ini.

"Hal itu disebabkan pasar tradisional dibangun dengan tidak memperhatikan jarak, kurang memperhatikan bagaimana sanitasi lingkungan, udara maupun air. Hasilnya, pasar tradisional adalah tempat yang mohon maaf mungkin terjorok dalam sebuah kota," tuturnya.

Padahal menurutnya, di sanalah masyarakat luas kita mau tidak mau harus bertemu banyak orang.

"Bisa dibayangkan kualitas kesehatan lingkungan di pasar-pasar tradisional kita yang tentu saja akan menyebabkan rentan menjadi tempat penularan berbagai macam penyakit dan sekarang adalah Covid-19," tuturnya.

Kebijakan yang bijak untuk mengambil jalan tengah yakni membuat pasar yang baru dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ini diperlukan untuk membuat perekonomian bergerak sementara upaya pencegahan dilaksanakan dengan optimal. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru