Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pola Belajar Mengajar Madrasah Aliyah Negeri di Kalimantan Tengah Berubah

  • Oleh Nopri
  • 29 Mei 2020 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalteng akan melakukan perubahan hari belajar pada Madrasah Aliyah Negeri. Itu terlihat melalui Surat Edaran Kakanwil Kemenag Kalteng Nomor 1538 tahun 2020.

Tepatnya, jika belajar mengajar biasanya aktif 6 hari belajar per minggu, kini diubah menjadi 5 hari per minggu. Artinya pelajar Madrasah Aliyah Negeri hanya masuk sekolah pada Senin - Jumat.

"Perubahan jumlah hari belajar per minggu ini tidak boleh mengurangi jumlah hari belajar dalam satu tahun kalender pendidikan, yakni 200 - 245 hari efektif," jelas Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, Masrawan, Jumat, 29 Mei 2020.

Dia menambahkan, masing-masing Madrasah Aliyah Negeri diberikan kewenangan untuk mengatur pelaksanaan belajar lima hari per minggu ini dengan tetap mengutamakan kedisiplinan kehadiran guru.

Sementara itu bagi Madrasah Aliyah Swasta yang akan menerapkan 5 hari belajar per minggu, harus mendapatkan persetujuan dari komite madrasah atau yayasan.

Jika kondisi di madrasah swasta itu tidak memungkinkan untuk penerapan 5 hari belajar, maka Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah mengizinkan untuk tetap menggunakan pola 6 hari belajar.

"Perubahan pola belajar mengajar di tingkat Madrasah Aliyah ini diharapkan bisa mendorong peningkatan kualitas keluarga dan peserta didik," tutupnya. (NOPRI/B-11)

Berita Terbaru