Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Sejumlah Langkah Mewujudkan Kalteng Bebas Asap Tahun 2020

  • Oleh Nopri
  • 04 Juni 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menyampaikan ada beberapa langkah yang sudah disepakati untuk mewujudkan Kalteng Bebas Asap, Kamis, 4 Juni 2020.

1. Memerkuat upaya-upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran hutan dan lahan sejak Januari 2020, seperti sosialisasi dan penyadartahuan bahaya karhutla, peningkatan kapasitas personel, peningkatan kapasitas peralatan, patroli, deteksi dini, pemadaman dini, dan upaya-upaya lainnya.

2. Memantapkan mekanisme penanganan darurat kebakaran hutan dan lahan sehingga penetapan status keadaan darurat mulai dari siaga darurat, tanggap darurat dan transisi darurat dapat dilakukan secara tepat seperti;

- Pembuatan pedoman penetapan status keadaan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di kabupaten/kota.

- Pemantapan sistem komando penanganan darurat bencana.

- Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terancam dan terdampak.


3. Mengalokasikan anggaran yang memadai untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan baik itu melalui anggaran murni maupun anggaran darurat.

4. Memantapkan sinergisitas pemangku kepentingan antara pemerintah, lembaga usaha seperi perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan lembaga usaha lainnya. (NOPRI/B-11)
 

Berita Terbaru