Perlu Pertimbangkan Jenis Usaha yang Bisa Dibuka Kembali di Masa Pandemi Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Juni 2020 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan bahwa salah satu poin penting yang disampaikan dalam rapat koordinasi secara virtual bagi dunia pariwisata ialah, perlu adanya pertimbangan jenis usaha apa saja yang bisa kembali dibuka pada masa pandemi Covid-19.

"Perwakilan dari Kementerian Kesehatan dalam rapat kita secara nasional pada 29 Mei 2020 lalu melalui sarana video conference menyampaikan bahwa perlunya mempertimbangkan jenis usaha, besar usaha, dan profil pekerja untuk keputusan apakah bisa dibuka kembali usahanya meskipun di tengah pandemi Covid-19," kata Guntur kepada Borneonews pada Jumat, 5 Juni 2020.

Menurut Guntur, profil pekerja seperti usia dan jenis kelamin sangat perlu untuk diperhatikan terkait ijin membuka kembali usahanya.

"Mengingat untuk usia di atas 45 tahun punya resiko penyakit yang lebih tinggi, maka perlu adanya pertimbangan ini sebelum sebuah usaha apakah itu rumah makan, transportasi, atau apapun jenisnya yang berhubungan dengan pariwisata, untuk ditelaah kembali," terang Guntur.

Menurut Mantan Kepala Dinas Sosial Kalteng ini, kebutuhan pemetaan tingkat resiko penyebaran di setiap kegiatan usaha juga perlu untuk dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kalangan sektor pariwisata.

"Jika protokol telah ditetapkan, maka dibutuhkan beberapa tahapan sebelum ketujuh subsektor usaha tersebut dapat dibuka kembali, seperti sosialisasi, simulasi, dan uji coba penerapan protokol. Itu salah satu poin rapatnya," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru