Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Fasilitasi Kepulangan Perantau Sumbar yang Anak Bayinya Sempat Diisolasi di Klinik Covid-19

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Juni 2020 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memfasilitasi kepulanga perantau asal Sumatra Barat (Sumbar) yang anak bayinya sempat diisolasi di Klinik Covid-19.

"Hari ini kami memfasilitasi kepulangan bayi bersama ayahnya Ade Kurniawan dan neneknya Indriati agar bisa sampai ke kampung halaman di Padang," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotim, Multazam saat berada di Bandara H Asan Sampit, Jumat, 19 Juni 2020. 

Bantuan sosial yang diberikan untuk mereka yakni berupa uang Rp 10 juta yang diserahkan Kepala Dinas Sosial Kotim, Rusmiati. Uang ini untuk memenuhi kebutuhan mereka selama perjalanan menuju kampung halaman. 

Sementara itu kronologi diisolasinya bayi tersebut berawal saat dirinya dilahirkan oleh sang ibu di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, namun beberapa hari setelah itu, sang ibu harus diisolasi karena gagal fungsi paru. 

Selama 15 hari dilakukan perawatan, sang istri meninggal, sehingga dimakamkan menggunakan protokol Covid-19.

Ade yang merasa anaknya butuh perhatian lebih, memutuskan untuk berhenti bekerja di sebuah perusahaan sawit di Kotim. 

Dia bersama sang mertua memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya di Padang. Rapid test pun dilakukannya sebagai syarat untuk berangkat melalui bandara. Hasilnyapun non reaktif. 

Namun saat pemeriksaan suhu tubuh di bandara, ternyata suhu badan sang anak tinggi. Sehingga pihak maskapai mengembalikan uang tiket pesawat dan bayi ini diisolasi di Klinik Covid-19. 

"Setelah beberapa hari diisolasi, hasil swabnya negatif, sehingga bayi tersebutpun kembali bersama ayah dan neneknya," katanya. 

Untuk meringankan beban keluarga tersebut, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, berinisiatif untuk memfasilitasi kepulangan keluarga tersebut ke kampung halamannya. 

"Kami fasilitas kepulangannya hari ini melalui Bandara H Asan Sampit. Penerbangan pesawat Nam Air pukul 15.50 WIB, transit Jakarta," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru