Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi B DPRD Kobar Berharap Pemkab Petakan Daerah Potensi Padi Menuju Swasembada Beras

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Juni 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Komisi B DPRD Kobar Bidang Perekonomian dan Keuangan, berharap pemerintah daerah Kobar dapat memetakan daerah yang berpotensi tanaman padi, untuk menuju Kobar Swasembada beras.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komis B DPRD Kobar Sutiyana, ia mengatakan bahwa Kobar ini berpotensi swasembada beras, jadi tinggal bagaimana Pemda memetakan daerahnya.

"Kami harapkan Pemda dapat mendorong dan memetakkan daerah - daerah desa yang akan di jadikan fokus terhadap tanaman padi," ujarnya, Jumat, 19 Juni 2020.

Lanjutnya, diharapkan juga disetiap Kecamatan dapat dibuka lahan demplot atau percontohan pertanian dan perikanan. Untuk membuka kran permodalan para petani, sebagai lumbung-lumbung pangan yang menjadi prioritas masyarakat desa.

Sebelumnya, pada Kamis, 18 Juni 2020, Rombongan Komisi B DPRD Kobar melakukan monitoring lahan pertanian padi kesejumlah desa di Kecamatan Pangkalan Banteng. Melihat banyak lahan sawah yang ditanam padi dan nampak subur, hal ini membuat mereka yakin bahwa Kobar bisa swasembada beras.


"Setelah kemarin kami bersama rombongan melihat padi yang subur di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng. Ternyata Kobar sangat potensial swasembada beras," katanya.

Dalam hal ini, DPRD optimis dan siap mendukung wilayah Kobar menjadi titik-titik sentra swasembada beras. Karena beberapa lahan desa masih sangat terbuka luas, untuk dijadikan lahan pertanian padi.

Menurutnya, apabila kedepan Pemkab Kobar sudah bisa memetakan desa - deaa yang berpontensi untuk lahan pertanian padi. Selanjutnya, masyarakat kelompok tani diberi bantuan sarana dan prasarana pertaniannya.

“Kelompok taninya supaya diperhatikan dengan diberi jaminan asuransi, agar para petani memiliki jaminan hidup untuk mengelola pertaniannya," tandasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru