Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lagi Senang Bersepeda, Jangan Lupa Pakai dan Rawat Helm

  • Oleh Teras.id
  • 19 Juni 2020 - 22:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Masa pandemi Covid-19 ini membuat banyak orang menjaga daya tubuh untuk mencegah tertular virus corona. Misalnya dengan menjaga asupan, kebersihan diri, serta olahraga. Salah satu olahraga yang digemari di masa pandemi ini adalah bersepeda.

Semakin banyak orang yang gemar bersepeda baik untuk menjaga kebugaran tubuh maupun aktivitas lainnya. Namun jangan lupa untuk menjaga keselamatan saat bersepeda Anda harus menggunakan helm. Seperti mengenakan sabuk pengaman di dalam mobil, mengenakan helm adalah tindakan kecil yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan cedera serius saat kecelakaan.

Di luar keamanan yang disediakannya, ada banyak alasan lain untuk mengenakan helm — tak terkecuali untuk memberi contoh pesepeda lain yang tak memakai helm. Di beberapa Negara, sudah memiliki undang-undang yang mewajibkan helm sepeda untuk pengendara muda.

Sebagian besar orang tidak mengetahui dengan benar bagaimana helm sepeda harus pas, jadi meskipun mereka mengenakan helm, mereka membahayakan keselamatan yang dapat diberikan helm. Tetap seaman mungkin: Pelajari bagaimana helm sepeda Anda harus pas dan merawat helm Anda dengan tepat.

Melansir laman Real Simple, April Beard, direktur produk helm di Trek, berbagi tips tentang pemasangan, pemakaian, dan merawat helm sepeda. Jangan mulai mengayuh sampai Anda telah mengambil langkah-langkah ini untuk memastikan kepala Anda terlindungi dengan baik.

1. Pelajari cara memakai helm sepeda

Baik Anda menggunakan helm pinjaman, Anda baru saja membeli helm baru, atau menyewa helm saat bepergian, pastikan pasnya tepat sebelum Anda berangkat. Bagaimana helm sepeda harus pas Helm harus duduk sejajar di kepala Anda, tepat di atas alis Anda, dan metutupi dahi Anda. Pembagi tali harus berada tepat di bawah cuping telinga Anda. Tali dagu harus cukup pas dua jari di antara dagu dan tali.

Tidak ada dua kepala yang persis sama, jadi Anda mungkin perlu menyesuaikan helm sedikit agar sesuai dengan tengkorak Anda. Beard mengatakan helm menawarkan berbagai fitur untuk meningkatkan kesesuaian pelindung tengkorak Anda. Fitur-fitur ini dapat bervariasi berdasarkan jenis helm tetapi mencakup tinggi sistem pas, lingkar sistem pas, dan pembagi tali di bawah telinga dan tali dagu.

"Sebelum membalik helm Anda ke kepala Anda, perhatikan lebih dekat untuk melihat apa yang bisa disesuaikan," kata Beard. Perhatikan selama satu atau dua menit sebelum Anda mengenakan helm akan membuatnya lebih nyaman dan aman bagi Anda setelah Anda mulai mengayuh sepeda. Jika ukuran pas, buat penyesuaian sampai helm pas dan terasa aman.

2. Jaga helm sepeda Anda dengan baik

Untuk membantu helm Anda bertahan lama, simpan di tempat yang sejuk dan kering di bawah sinar matahari. Jika kulit luar kotor, cuci dengan sabun dan air ringan. Sebagian besar bantalan helm dapat dicuci dengan mesin pada suhu dingin dalam siklus yang lembut, kata Beard, tetapi jangan memasukkannya ke dalam pengering. (Pengeringan udara di luar ruangan akan membuatnya lebih harum.) Jika Anda membutuhkan bantalan pengganti, Anda harus dapat membelinya secara terpisah tanpa harus mendapatkan helm baru.

Baca juga: Pakai Helm Kurangi Risiko Patah Tulang dan Kematian

3. Ganti helm sepeda Anda secara teratur

Anda mungkin telah memiliki helm sepeda yang tersimpan di garasi selama bertahun-tahun, tetapi pikirkan dua kali sebelum Anda membersihkannya dan memakainya. "Bagian-bagian helm kehilangan kekuatan dari waktu ke waktu, jadi meskipun helm belum terkena dampak atau rusak, kami sarankan untuk mengganti setelah tiga tahun," kata Beard.

Jika Anda memiliki helm baru tetapi Anda jatuh atau jatuh saat memakainya, saatnya untuk menggantinya, tidak masalah jika Anda baru saja mendapatkannya. "Helm itu dirancang untuk menyerap goncangan dengan penghancuran sebagian shell dan liner," kata Beard. “Kerusakan ini mungkin tidak terlihat. Jika mengalami pukulan yang parah, helm harus diganti, meskipun terlihat tidak rusak. ”

Dan, tentu saja, jika helm Anda terlihat usang, Anda mungkin harus menggantinya, bahkan jika itu belum terjadi kecelakaan atau kurang dari tiga tahun. Helm memiliki umur yang terbatas, dan selalu lebih baik harus mengganti helm Anda secara teratur daripada mencoba mengganti tengkorak atau otak Anda. (TERAS.ID)

Berita Terbaru