Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diguyur Hujan, Sejumlah Desa di Lamandau Terendam Banjir

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 23 Juni 2020 - 18:31 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur wilayah Kabupaten Lamandau dalam 3 hari belakangan ini membuat debet air sungai mengalami penaikan. 

Akibatnya, luapan air sungai mulai merendam sejumlah desa, khususnya desa yang berada di dataran rendah. 

Hingga Selasa 23 Juni 2020 siang, berdasarkan laporan yang masuk dan juga pengecekan langsung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau, mencatat setidaknya ada sejumlah desa di 3 kecamatan yang terendam banjir. 

"Dari pantauan pada ada beberapa titik (spot atau jalan) di wilayah Kecamatan Bulik yang terendam dampak luapan air sungai,  diantaranya adalah Desa Bunut, Sungai Mentawa, Guci dan desa Batu Kotam," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Lamandau, Edison Dewel. 

Jembatan Sungai Liku juga tidak bisa dilewati karena terendam, sehingga warga harus mengambil jalan alternatif melalui jalan perusahaan. 

"Sedangkan Kecamatan Belantikan Raya, ada Desa Nanga Belantikan dan di Kecamatan Bulik Timur ada Desa Pedongatan serta Kelurahan Tapin Bini di Kecamatan Lamandau yang juga terendam banjir," jelasnya. 

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Lamandau, Dero menambahkan meski sempat terendam, namun tidak sampai mengganggu atau bahkan menghentikan aktivitas dan perekonomian warga. 

Pihaknya melakukan pantauan ke beberapa lokasi terdampak banjir, telah disampaikan kepada Lurah maupun Kades terdampak banjir agar selalu mengingatkan warganya waspada dengan curah hujan dengan intensitas sedang dan lebat sehingga muncul luapan air, terutama saat malam hari. 

"Hal ini tidak lain agar dapat meminimalisir bencana yang tidak diinginkan. Untuk Posko siaga, khususnya di tingkat desa, saat ini memang belum ada, tapi jika memang dibutuhkan nantinya pasti akam dibentuk," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru