Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Ajak Masyarakat Ber-KB, Ini Alasannya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Juni 2020 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengajak masyarakat mengikuti pelayanan Keluarga Berencana (KB). Itu disampaikan demi meminimalisir angka kematian ibu dan bayi pada proses persalinan.

"Dengan ber-KB, maka jarak kelahiran anak dapat diatur. Hal itu tentunya dapat meminimalisir angka kematian ibu dan bayi," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Hari Keluarga Nasional, Senin, 29 Juni 2020. 

Halikin mengungkapkan, ada dua masalah sosial di Kotim yang harus diperbaiki. Pertama yakni minat masyarakat untuk ber-KB harus lebih ditingkatkan lagi. Kedua yakni pertumbuhan penduduk yang tinggi berpengaruh terhadap sektor ekonomi dan lapangan pekerjaan. 

Karena, semakin cepat pertumbuhan penduduk, maka daya dukung daerah untuk memenuhi kebutuhan penduduk akan semakin kecil. Sehingga berdampak negatif terhadap kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. 

"Oleh karena itu, mengapa penggunaan kontrasepsi sangat penting, agar dapat membuat perencanaan, pengaturan, dan pertanggungjawaban terhadap keluarga bisa lebih baik," kata Halikinnor. 

Mudah-mudahan dengan adanya hal tersebut, tambah dia, dapat membuat masyarakat sadar tentang kondisi kependudukan. Sebab, seberapa suksesnya pertumbuhan ekonomi tidak akan dapat mensejahterakan masyarakat, kalau pertumbuhan penduduknya tidak terkendali. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru