Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Kotawaringin Barat Terapkan Pelayanan dengan Konsep New Normal

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 Juli 2020 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotawaringin Barat (Kobar) telah membuka layanan langsung atau tatap muka dengan konsep new normal. Tapi pelayanan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Kepala Disdukcapil Kobar, M Gusti Imansyah mengatakan, layanan secara langsung atau tatap muka dengan konsep New Normal itu diberlakukan sejak Senin, 29 Juni 2020.

"Masyarakat sudah bisa datang ke kantor disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan secara langsung," kata Gusti Imansyah, Rabu, 1 Juli 2020.

Dia menyampaikan, layanan langsung ini menerapkan konsep new normal. Di loket layanan diberi plastik pembatas antara petugas dan masyarakat yang datang. Kemudian, setiap masyarakat yang datang wajib menggunakan masker.

Selanjutnya, masyarakat diwajibkan untuk cuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan dan pembatasan jumlah orang di ruang pelayanan. Selain itu dites suhu tubuhnya sebelum masuk ruangan.

"Di ruang pelayanan pun sudah kita atur jarak tempat duduk bagi masyarakat yang datang, mereka dibatasi 10 orang yang bisa masuk. Itu pun kita ukur terlebih dahulu suhu badanya dan harus di bawah 37 derajat," kata Gusti Imansyah.

Selain itu, pelayanan itu dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Sementar itu untuk layanan online tetap dibuka melalui WhatsApp. Sehingga diharapkan masyarakat lebih memilih menggunakan fasilitas online dan agar mengurus dokumen kependudukan jangan mendadak saat diperlukan, tetapi jauh hari sebelumnya. Hal itu untuk mengantisipasi jika dokumen tersebut tertunda karena kekurangan berkas pendukung. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru