Polsek Pangkalan Lada Bentuk Posko Penanggulangan Karhutla

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Juli 2020 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Polsek Pangkalan Lada, jajaran Polres Kotawaringin Barat (Kobar) membentuk posko penanggulangan karhutla. 

Kapolsek Pangkalan Lada Iptu Sudarsono mengatakan, pembentukan Posko tersebut sebagai bentuk kesiapsiagaan bersama unsur perangkat kecamatan, dalam menghadapi musim kemarau. Khususnya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah setempat.

“Ini merupakan upaya yang kami lakukan bersama perangkat kecamatan dan instansi terkait lainnya untuk mencegah terjadinya karhutla di wilayah Kecamatan Pangkalan Lada. Nantinya akan diimbangi dengan kegiatan sosialisasi dan penyampaian imbauan kepada masyarakat,” ujarnya, Kamis, 9 Juli 2020.

Ia menambahkan, untuk menunjang operasional posko, terdapat beberapa peralatan dan perlengkapan yang disiapkan. Dengan begitu, apabila terdapat titik api dapat segera ditindaklanjuti.

“Kelengkapan di posko ada kendaraan modifikasi untuk medan yang sulit dijangkau, APD (alat pelindung diri) dan alat pemadam api yang berguna untuk menanggulangi karhutla secara dini,” tambahnya.

Diinformasikan, berdasarkan prakiraan cuaca BMG, wilayah Kabupaten Kobar akan masuk musim kemarau di bulan Juli dan puncaknya pada Agustus 2020 mendatang. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru