Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Focus Grup Discussion Penanggulangan Karhutla Digelar di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 Juli 2020 - 17:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Focus Grup Discussion (FGD) penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla digelar di Aula Tingang Menteng Panunjung Tarung Polres Kapuas, Jumat, 17 Juli 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan Polres Kapuas ini dengan bertemakan Penanggulangan Karhutla. 
Dalam kegiatan ini diikuti jajaran Pemkab Kapuas, Kodim 1011 Kuala Kapuas, dan lainnya.

"Hari ini kami gelar FGD berkaitan dengan penanggulangan karhutla, terutama berkaitan dengan pencegahannya," kata Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti dalam kegiatan

Sementara itu Dandim 1011 Kuala Kapuas Letkol inf Ary Bayu Saputro, menyatakan apresiasi kepada Polres Kapuas atas pelaksaanaan kegiatan FGD.

"Dalam 2 bulan terakhir ini, kita sudah melaksanakan Apel Gelar terkait Karhutla, yang pertama Apel Gelar di Lapangan Panunjung Tarung, Apel Gelar Satgas Huma di Makodim 1011/Klk dan sekarang Focus Grup Discussion (FGD) di Mapolres Kapuas," ucap Dandin.

Kalau perlu diadakan Iagi TFG (Tactical Floor Game) dalam rangka strategi pencegahan dan penanganan Karhutla.

"Wilayah Kodim 1011 Kuala Kapuas sempat dijadikan Model Topografi Kodam XII Tanjungpura. Topografi Kodam XII/Tpr membuat aplikasi yang mana dalam setiap laporan, yang masuk dari Kodim akan dibagi menjadi 3 yaitu hotspot yang bukan karna api, hotspot bekas pembakaran dan tidak ada ditemukan hotspot apapun," jelasnya.

 Dandim menyampaikan siap membuka pintu selebar-Iebarnya apabila ada hal yang perlu di koordinasikan terkait Karhutla. "Semoga Kabupaten Kapuas minim dan tidak ada Karhutla," tukasnya.

Wakil Bupati Kapuas, Nafiah Ibnor mengimbau kepada seluruh yang hadir untuk bersama-sama mencegah Karhutla.

“Saya atas nama pemerintah daerah mengajak semua yang hadir dari lurah/kepala desa, camat, kapolsek, danramil hingga ke tingkat Kabupaten untuk mencegah terjadinya Karhutla,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini para camat, kapolsek/danramil, lurah/kepala desa, babinsa, bhabinkamtibmas, tokoh agama, tokoh adat dan organisasi sosial di Kabupaten Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru