Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Budi Karya Sebut Penumpang Pesawat Rute Domestik Turun 90 Persen

  • Oleh Teras.id
  • 19 Juli 2020 - 22:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jumlah penumpang pesawat rute domestik turun 90 persen rata-rata per hari karena pandemi. Penurunan terjadi karena banyak pesawat terparkir di bandara dan tidak beroperasi.

“Industri penerbangan kini dalam kondisi bertahan di tengah pandemi,” kata Budi Karya seperti dalam keterangan resmi Kementerian, Sabtu, 18 Juli 2020.

Di samping anjloknya penumpang per hari, Budi Karya menyebut penurunan pergerakan pesawat secara signifikan terjadi bila dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya.

Dengan kondisi demikian, Budi Karya memandang pelaku industri yang bergerak di sektor transportasi udara harus menciptakan situasi penerbangan yang aman dan nyaman agar kepercayaan masyarakat untuk naik pesawat pulih. Sehingga, upaya tersebut dapat membangkitkan kembali industri penerbangan nasional yang loyo.

Di samping itu, Budi Karya menilai perlu ada persamaan persepsi antara regulator serta seluruh stakeholder penerbangan agar konsisten melaksanakan aturan, baik di level nasional maupun internasional.

“Kita jaga agar jangan ada banyak lagi warga yang terpapar Covid-19. Tapi kita juga ingin ekonomi di Indonesia khususnya pergerakan di transportasi yang juga memiliki kerentanan ini bisa ditangani,” ucapnya.

Hal itu, tutur Budi, sesuai dengan arahan Presiden  Joko Widodo. Jokowi berpesan supaya di masa adaptasi kebiasaan baru, masyarakat bisa tetap produktif namun tetap aman dari penularan Covid-19, termasuk untuk melakukan aktivitas bepergian dengan pesawat udara.

Budi Karya yakin penerbangan Indonesia mampu seperti Vietnam dan negara-negara lainnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

PT Angkasa Pura I (Persero) pada pekan lalu, 14 Juli, mencatat jumlah penumpang di 15 bandara di masa PSBB transisi telah mengalami kenaikan mencapai 39.830 orang. Angka ini setara dengan 18 persen dari kondisi normal atau sebelum pandemi yang per harinya mencapai 223.377 penumpang.

Sedangkan pergerakan pesawat tercatat sebesar 704 penerbangan atau 27 persen dari masa normal sebelum pandemi. Pergerakan terbesar tercatat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya dengan jumlah penumpang 10.269 orang dan frekuensi pesawat sebanyak 133 penerbangan.

Adapun PT Angkasa Pura II (Persero) mengestimasikan sejak awal Juli, pergerakan pesawat di bandara yang dikelola perseroannya meningkat menjadi 30 persen dari kondisi normal.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru