Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Harapkan Anjungan Dukcapil Mandiri Tersedia di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 21 Juli 2020 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Jhony Arianto Satria Putra mengharapkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bisa tersedia juga di Palangka Raya.

Anjungan Dukcapil Mandiri serupa dengan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Bedanya, ADM tidak mengeluarkan uang, namun dokumen yang dibutuhkan pemohon seperti e-KTP, KK, atau akta kelahiran.

"Inovasi ini sangat bagus. Masyarakat tak perlu lagi antri berlama-lama di kantor Disdukcapil. Kita harapkan program ini bisa diterapkan juga di Kota Palangka Raya demi memberikan layanan prima khususnya dibidang layanan kependudukan," harapnya.

Politisi Partai NasDem ini mengatakan, kemudahan tersebut nantinya tetap akan memiliki kendala. Yakni terkait dengan teknisnya hanya bisa dinikmati oleh masyarakat kota yang hanya dapat diakses melalui jaringan internet.

"Kalau menurut saya jika ini diterapkan di Kota Palangka Raya, akan sangat memudahkan untuk masyarakat dalam pengurusan kependudukan secara online," tuturnya.

"Kelemahan sistem ini hanya pada jaringan yang harus memadai, serta edukasi kepada masyarakat bagaimana cara menggunakan teknologi mandiri harus ditingkatkan,"terangnya.

Dia menambahkan, meskipun dalam mencetak dokumen kependudukan menggunakan mesin ADM namun untuk mendaftar pembuatan e-KTP dan dokumen lain tetap dilakukan di Kantor Disdukcapil.

Kemudian untuk melakukan pencetakan maka pemohon akan mendapatkan PIN yang dikirim ke nomor ponsel setelah mendaftar ke Kantor Dukcapil.

Ada dua PIN yang akan diterima pemohon, yakni PIN untuk masuk ke mesin ADM dan untuk mencetak. PIN tersebut hanya bisa digunakan untuk sekali pencetakan.

"Kita bisa melihat apa keuntungan yang ditawarkan melalui inovasi ini, yakni kemudahan dan kecepatannya. Kita harap pemerintah kota bisa bersiap, mulai dari sarana dan prasarana hingga sumberdaya manusianya," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru