Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bagian Rumah yang Harus Dibersihkan ketika Ada Keluarga Sakit

  • Oleh Teras.id
  • 27 Juli 2020 - 09:30 WIB

TEMPO.COJakarta - Virus dan bakteri sangat menular. Jadi ketika adan satu anggota keluarga sakit karena kuman, anggota yang lain biasanya mudah tertular. Hal itu terjadi karena orang yang sakit meninggalkan jejak kuman penyebab flu atau demam di permukaan rumah. Jika ada orang lain yang menyentuh permukaan tersebut, dia akan berisiko tertular. Siklus itu berlanjut terus mengancam semua anggota keluarga lainnya.

Salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit di dalam rumah adalah dengan membersihkan rumah dengan disinfektan secara benar. Perlu diingat bahwa disinfektan harus diaplikasikan di tempat-tempat strategis dan harus fokus pada barang yang benar-benar penting.

Apa saja yang perlu Anda bersihkan Simak daftarnya seperti dikutip dari Times of India, Ahad, 26 Juli 2020. 

1. Pisahkan orang yang sakit

Kuman menyebar ketika orang yang sakit batuk, bersin, atau berbicara. Semua orang di dalam rumah dapat bersentuhan dengan patogen yang ada di permukaan benda di rumah.

Untuk mencegah hal tersebut, orang yang sakit sebaiknya dibatasi dengan tetap berada ruangan yang terpisah. Ini akan mengurangi paparan kuman ke seluruh keluarga.


2. Bersihkan permukaan yang umum disentuh

Mulailah dengan barang-barang yang biasa disentuh di rumah, seperti meja, gagang pintu, pegangan lemari es, remote control, dan telepon seluler. Gunakan lap sekali pakai seperti handuk kertas, hindari pakai spons atau handuk karena bisa meningkatkan peluang penyebaran virus dan bakteri ke tempat lain.

3. Kamar tidur

Orang sakit akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk beristirahat di kamar. Ini artinya peluang kuman berada di seprai, bantai, atau benda lain di dalam kamar akan tinggi. Jadi, jangan lupa mencuci seprai setelah digunakan, begitu juga boneka.

4. Ruang tamu

Jika perlu, tutup furnitur dengan lembaran yang bisa dicuci untuk mencegah kontaminasi kuman. Sebaiknya orang sakit duduk di kursi terpisah. Hindari bantal dekoratif dan bersihkan meja dan remote setiap hari.

5. Kamar Mandi

Kamar mandi adalah tempat bagi virus dan bakteri. Tempat ini harus dibersihkan secara teratur dengan desinfektan antibakteri, terutama jika kamar mandi digunakan bersama. Selain itu, jangan berbagi handuk tangan orang sakit karena dapat meningkatkan risiko infeksi.

6. Dapur

Sebaiknya jangan membiarkan orang sakit memasak makanan untuk anggota keuarga. Namun jika itu terpaksa, jangan lupa bersihkan semua benda yang sering disentuh seperti meja, sandaran kursi, pegangan kulkas, dan laci, menggunakan disinfektan.

Berita Terbaru